RSS

Perkembangan IT Di Masa Yang Akan Datang

IT (Information Technology) menurut wikipedia adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).

Saat ini Dunia IT telah berkembang dengan sangat cepat dan pesat. memungkinkan diterapkannya cara-cara yang lebih efisien untuk produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa. Proses inilah yang membawa manusia ke dalam masyarakat atau ekonomi informasi sering disebut sebagai masyarakat pasca industri. mempermudah pekerjaan manusia dari telepon yang hadulu cuman bisa bersuara saja dan berkembang dapat mengirim sms, kemudian memiliki fitur kamera tanpa harus lagi membawa kamera, hingga dapat menjadi perangkat audio radio dan mp3 semacamnya.

Dunia IT kedepannya akan semakin maju. mungkin semua akan menjadi seperti virtual contohnya saja sekarang amerika yang sudah banyak teknologi-teknologi IT yang sangat mutahir contohnya saja seperti film IRON MAN, Batman. Saat ini pun di Indonesia sudah banyak yang membuat robot-robot ini pun menjadi suatu perkembangan IT. Kabarnya di jepang sana robot sudah dapat menyerupai manusia, robot ini memiliki nama yaitu Actroid-F berat 30 kg dan tinggi 140 cm, dan katanya wanita android ini telah membuat banyak orang di dunia terkagum-kagum.wah... mungkin penasaran kan.. saya mencoba mencari nya di youtube dan lihatlah teknologi yang jepang buat



Kita tahu pengaruh perkembangan IT memiliki positif dan negatifnya


Pengaruh positif yang ditimbulkan oleh Perkembangan IT yaitu :
Meningkatnya rasa percaya diri. Dengan adanya kemajuan teknologi saat – saat ini, dapat mempermudah kita dalam menjalin silahturahmi tanpa harus dating ke tempatnya langsung. Karena sudah adanya SMS, Email, telephone dan lain – lain.

Pengaruh negatif yang ditimbulkan oleh perkembangan IT yaitu :
Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar yang dapat menyebabkan miskin dalam rohani. Namun manusia tidak bisa menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa teknologi mendatangkan berbagai efek negatif bagi manusia.

jadi ... kita bisa membayangkan tidak perlu menunggu 5 tahun lagi perkembangan IT akan bagaimana.. sekarang saja sudah terlihat, entah 2 atau 3 tahun lagi perkambangan IT akan menjadi utama dalam kehidupan manusia.

mungkin menjadi catatan bagi kita semua "Pergunakan lah dengan sebaik-baiknya sepositif-positifnya maka akan berguna bagi kita"

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

8 comments:

Dani said...

Wah.. Jepang sudah memiliki Pemikiran yang sangat Jauh kedepan. Bagaimana dengan Indonesia ya??

Ismi wilda said...

Dunia IT memang sudah berkembang pesat, dan menjadi sebuah kebutuhan primer di masyarakat yg modern ini. Perkembangan teknoogi memang sangat membantu dalam penyebaran informasi yg lebih cepat, akan tetapi penyebaran informasi yg masuk dan keluar ini seolah tanpa batas. mungkin ini sedikit berbahaya, tidk ada lagi ruang privasi khusunya di internet. It's ok, tapi jika yang muncul adalah sesuatu yg positif. jika tidak.. hmm.. bisa kita pikirkan sendri. dampak negatif lainnya aku pernah membaca, mendengar, atau menonoton ya.. aku lupa. jadi pernah ada suatu penelitian di luar ngeri sana (negara teoatnya jg ku lupa).. masyarakt skrg ini mudah lupa atau sangat lama dalam menyerap suatu informasi, bahkan cenderung kurang analitis dlm menganalisis suatu masalah. kanpa?? karena masyarakat skrg tergantung kpd mesin pencari di internet. tidak sperti dulu, dimana masyarakat dituntut berusaha mencari informasi/ilmu dgn cara membaca buku. yaa.. pernah lah kita bertemu dgn doesn yang sdh tua mengajar di kelas tapi dia masih sanggup mengerjakan soal2 kalkulus, masih ingt dgn materi skolah dulu. hmm. bukannya bermksd merendahkan generasi sekrang, tapi sebenarnya kita harus lebig terpacu kagi, kita harus lebih baik dr generasi2 terdahulu, bukannya semakin merosot. hmm.. semangat buat genarasi muda, terutama generasi INdonesia, aku yakin sebenarnya Indonesia memeiliki banyak org cerdas, tapi mirisnya mereka sebagian besar bkerja untuk negara lain, bukan untuk negaranye sndri krn pemerintah sndri kurang mmperhatikan mereka. :)

Anonymous said...

plus hati- hati dengan hacker dan cracker. terus klo masalah robot2 ntar ada invasi robot kya film terminator, transformer, dan galaktica :D

halxy said...

menanggapi "Saat ini Dunia IT telah berkembang dengan sangat cepat dan pesat" pertanyaanya apakah mungkin suatu saat dunia IT menemui kebuntuan??

Anonymous said...

komen apaan ya gue males bacanya mo huahahahahaha nanti saya komen lagi deh yah :D

Anonymous said...

menarik... videonya juga mantap, tapi menyeramkan...

pada sesi pembahasan robot, kalo bole saya menekankan, teknologi robot tersebut menurut saya lebih identik pada ilmu elektronika, meski IT tetapi ikut andil dalam pembuatannya... walaupun memang postingan anda tentang IT, tapi menurut saya perlu dicantumkan sedikit tentang elektronika, karena saya sama sekali tidak melihat hal itu pada postingan ini... terima kasih... :)

Reza Purnomosidhi (Admin Seputar Berita Teknologi) said...

terimakasih atas komentar sebelumnya :) akan saya jadikan bahan untuk kedepan lebih baik. soal robot itu hanya sebuat contoh walaupun lebih kepada ilmu elektronika.

@ halxy: sepertinya Dunia IT masih akan selalu berinovasi tapi tidak menutup kemungkinan Dunia IT suatu saat nanti akan seperti itu.

Muhammad Yahya A said...

ahahahha.. menunggu terciptanya doraemon nih.. XD

Post a Comment

3 Posting Populer