RSS

Apple Kembali Catat Rekor Pendapatan Berkat iPhone dan iPad

Laporan kuartal kedua tahun 2011 dari Apple telah dirilis. Dari laporan tersebut diketahui bahwa Apple kembali mencatat rekor baru dan disebut Steve Jobs sebagai kuartal terbaik. Hal ini dikarenakan penjualan iPhone dan iPad meningkat lebih dari dua kali lipat sehingga pendapatan dan keuntungan yang diperoleh menjadi semakin besar.
Dalam tiga bulan terakhir, ada lebih dari 20 juta iPhone terjual, atau naik 142% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Dengan penjualan sebanyak ini Apple memperoleh pendapatan sebesar 13,3 miliar dolar, hampir setengah dari total pendapatan Apple yang sebesar 28,5 miliar dolar.
Apple juga melaporkan bahwa iPad terjual sangat bagus dengan lebih dari 9 juta unit terjual. Ini berarti penjualannya naik 183% dan tercatat menghasilkan pendapatan sebanyak 6 miliar dolar. Apple mengatakan bahwa mereka mampu menjual habis seluruh iPad yang diproduksi sehingga mereka menaikkan proses perakitan, meskipun juga diakui bahwa kehadiran iPad telah memakai korban dengan penurunan penjualan Mac.
Sementara itu, iPod dilaporkan terus menurun drastis dengan hanya terjual 7,5 juta unit. Pendapatan dari penjualan iPod ini mencapai 5 miliar dolar. Separuh dari iPod yang terjual adalah tipe iPod touch, sementara iPod sendiri secara global menguasai 70% pasar pemutar media mp3. Di bidang media lain, Apple melaporkan bahwa iTunes memperoleh pendapatan sebanyak 1,4 miliar dolar atau naik 36% dari tahun sebelumnya.
Perlu dicatat juga bahwa jika pendapatan Mac dan Mac portabel digabung maka jumlahnya masih kalah dari pendapatan iPad, meskipun penjualannya naik 14% dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu. Apple hari ini juga mengumumkan Mac OS X Lion sebagai penerus OS PC buatan Apple. Secara total, Apple mencatat bahwa ada 222 juta unit perangkat iOS yang saat ini beredar.
Dari segi keuntungan Apple juga melaporkan rekor dengan nilai 7,31 miliar dolar, naik dari 3,25 miliar dolar yang diperoleh Apple pada periode yang sama tahun lalu atau naik 125%. Total pendapatan Apple juga memecahkan rekor dengan nilai 28,57 miliar dolar, naik dari 15,7 miliar dolar di periode yang sama tahun lalu atau naik 82%. Margin kotornya juga naik dari 39,1% di periode yang sama tahun lalu menjadi 41,7% di kuartal ini.
Pada kesempatan tersebut COO Apple, Peter Oppenheimer mengatakan bahwa akan ada banyak hal yang terjadi di musim gugur mendatang. Dia juga menyiratkan adanya transisi produksi meski tidak mengatakan lebih lanjut. Apakah ini iPhone, iPod, atau yang lain? Mari ditunggu.


Via GSMArena

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment

3 Posting Populer