RSS

Microsoft Minta Royalti 15 Dolar untuk Setiap Smartphone Android Samsung

Belum lagi pertikaian hukum dengan Apple selesai, Samsung kembali harus menerima sebuah masalah baru karena adanya permintaan pembayaran royalti oleh Microsoft terkait penggunaan OS Android di jajaran produk smartphone Samsung. Microsoft meminta Samsung membayar 15 dolar untuk setiap ponsel Android yang terjual hingga saat ini karena Android menurut Microsoft telah menggunakan beberapa paten milik Microsoft. Tidak diketahui pasti paten apa saja yang dianggap Microsoft telah dilanggar oleh Android namun diperkirakan ini berhubungan dengan dasar Android yang berasal dari Linux.


Sebelum ini Microsoft telah mengajukan tuntutan yang sama kepada HTC dan hal itu telah berhasil mendapatkan royalti yang diinginkan. Selain itu Microsoft juga berhasil mendapatkan kompensasi royalti dari penggunaan Android oleh beberapa perusahaan lain seperti Winstron, Velocity Micro, hingga Itronix.
Langkah Microsoft mengejar pembuat handset Android dan bukan Google sebagai pencipta OS ini bisa jadi cukup mengherankan. Namun demikian sepertinya hal ini dilakukan Microsoft karena Google tidak mengambil keuntungan dari OS Android secara langsung, sementara para pembuat smartphone memanfaatkan Android untuk menjual smartphone produksinya. Dengan demikian jika Microsoft menuntut Google maka Microsoft tidak akan mendapat royalti apapun sementara jika melalui pembuat handset Android maka Microsoft bisa memperoleh bagian royalti dari penjualan handset Android tersebut.
Samsung sendiri diberitakan keberatan dengan permintaan royalti sebesar 15 dolar tersebut dan meminta penurunan pembayaran royalti menjadi 10 dolar. Jika dihitung dengan tingkat penjualan Samsung Galaxy S II yang mencapai 3 juta unit, maka Samsung harus membayar royalti sebesar 30-45 juta dolar kepada Microsoft. Belum lagi jika dihitung angka penjualan gadget Android dari Samsung lainnya seperti Galaxy S hingga Galaxy Tab. Sebagai perbandingan, HTC sebelum ini telah menandatangani kerjasama dengan Microsoft untuk membayar 5 dolar bagi setiap handset Android yang diproduksinya.

Apakah Microsoft memperoleh uang lebih banyak dari Android melalui royalti ini daripada penghasilan yang diperolehnya dari lisensi Windows Phone 7? Apakah Samsung akan berhenti memakai Android karena masalah-masalah ini?
Via GSMArena, Engadget

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment

3 Posting Populer