RSS

Facebook Luncurkan Group dan Video Chat, Ngobrol Makin Seru

Mark Zukerberg, CEO Facebook, baru saja mengumumkan akan disediakannya beberapa fitur baru di Facebook. Fitur baru ini adalah chat berkelompok, desain antarmuka chat baru, dan integrasi Skype untuk panggilan video.



Pengguna Facebook akan bisa melakukan Group Chat dengan cara memilih beberapa teman secara langsung. Chat berkelompok ini dilakukan dengan cara melakukan chat dengan seorang teman lalu mengundang teman lain untuk bergabung (Add Friends to Chat). Pengguna bisa terus menambah teman untuk chat bareng ini dan tidak akan terganggu oleh pengguna lain yang bukan temannya. Group Chat ini juga tersedia dalam antarmuka untuk perangkat bergerak (mobile) namun mereka tidak bisa menambah teman untuk bergabung dalam chat.
Chat berkelompok ini juga bisa dilakukan dengan teman yang berada dalam satu grup. Menurut Facebook, saat ini sekitar 50% pengguna Facebook masuk dalam grup/kelompok tertentu dengan anggota rata-rata 7 orang.
Desain antarmuka chat juga dirubah agar lebih simpel. Ada sidebar Chat yang akan muncul ketika chat dimulai sehingga ruang untuk mengobrol lebih lega. Selain itu juga ada fitur pembatasan untuk chat. Pengguna akan bisa memilih teman mana saja yang bisa melihat status online mereka untuk diajak mengobrol. Dengan demikian pengguna tidak akan terganggu oleh pesan dari teman lain yang tidak diinginkan jika sedang mengobrol dengan teman satunya.
Fitur baru yang paling canggih adalah chat video melalui Skype. Pengguna perlu mengunduh sebuah plugin yang dipasang di komputer mereka. Pengguna yang belum memiliki plugin akan diminta untuk mengunduh plugin tersebut jika ada temannya yang mengajak mereka melakukan obrolan via video.
Jendela panggilan video ini akan dipisah dari jendela Facebook sehingga pengguna bisa tetap menjelajah Facebook dan situs lain sementara sedang melakukan panggilan video. Panggilan ini juga bisa dilakukan hanya dengan suara jika pengguna tidak memiliki webcam untuk bertatap muka. Pengguna Facebook juga bisa mengirimkan pesan video kepada temannya jika mereka sedang tidak online. Fitur panggilan video ini bisa dijalankan di berbagai browser namun hanya di sistem operasi Mac dan Windows, sementara Linux tidak didukung.
Fitur-fitur ini juga akan digulirkan bertahap dan akan tersedia untuk seluruh pengguna Facebook dalam waktu dekat. Untuk memulai chat video, kunjungi 

http://www.facebook.com/videocalling
Via AllFacebook

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment

3 Posting Populer