RSS

Andaikan saya diberikan tanggung jawab untuk membenahi Sistem Informasi Nasional dan negara menyediakan anggaran awal 1 triliyun, apa yang akan saya lakukan???




Hemm.. Pertanyaan ini cukup sulit buat saya,dan mungkin buat para pembaca juga mungkin berpendapat sama. Karna kita tahu di beri tanggung jawab untuk sesuatu itu bukan persoalan yang mudah, apalagi dengan Sistem Informasi Nasional.
Kalau pun diberi 1 milyar atau 1 trilyun pun belum tentu sistem yang kita jalanin dapat terlaksana dengan cepat. Maka dari itu harus merubahnya dari hal kecil, misalnya mempelajari sistem-sistem yang sudah ada tanpa harus merubah seluruhnya.
Sistem yang kurang bisa kerjasama dengan baiklah yang harus dirubah, dari sistem-sistem itulah kita bisa memulainya untuk membenahi Sistem Informasi Nasional. Kita ambil cotoh mudah saja yaitu persoalan pembuatan KTP (Kartu Tanda penduduk), masih saja kita melihat masyarakat kita memiliki KTP lebih dari 1 atau istilahnya KTP Ganda. Sistem yang pertama saya lakukan adalah adanya kerjasama antar daerah/lingkungan masyarakat, yaitu dengan mengupulkan data warga setempat dan mencocokannya, dari situlah kita bisa tahu ada tidaknya KTP yang Ganda. Warga pun diminta kepastian soal tempat tinggal yang sebenarnya.
Bagaimana dengan yang ngekost atau memiliki tempat tinggal lebih dari 1?? iya, memang cukup membingungkan.. buat saya ngekost kan tidak selamanya tinggal di daerah itu.. jadi lebih baik menggunakan KTP tempat tinggal asal. tidak perlu memiliki KTP dimana kita tinggal sekarang (ngekost).
Lalu bagaimana dengan yang memiliki tempat tinggal lebih dari 1?? warga diminta untuk memberi kepastian dengan cara yang paling lama atau yang paling sering di tempati itu tempat tinggal yang mana.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 comments:

mas riswan said...

dari yang saya baca di atas cuman mengadakan penyuluhan tapi tidak di jabarkan tentang uang 1 triliyun tersebut mau di apakan. mungkin ada berikan contoh kepada saya implementasi dari penggunaan uang tersebut secara nyata. trims

Reza Purnomosidhi (Admin Seputar Berita Teknologi) said...

uang 1 trilyun itu buat saya terlalu berlebihan.mungkin sebgian uang buat mempekerjakan orang untuk membantu melakukan pengumpulan data warga setempat.. dan menyediakan akses internet cepat untuk menginput jumlah secara online.kemudian untuk pusat menyediakan komputer server dengan spec yang cukup tinggi.

wedocare said...

andaikata saya diberikan uang oleh pemerintah sebanyak itu yang pasti saya akan membuat semua sistem terpusat dan online .. untuk memudahkan pendataan .. dimulai dari e-ktp dll .. dan ujung"a kita bisa mengadakan pemilu murah yang hanya tinggal scan ktp dan bisa memilih wakil rakyat

selain itu juga saya akan membuat suatu lemba pendidikan atau pelatihan yang bertujuan untuk mengkhususkan lahirnya ahli" IT dimasa mendatang

sekian..

Post a Comment

3 Posting Populer