RSS

Perkembangan IT Di Masa Yang Akan Datang

IT (Information Technology) menurut wikipedia adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).

Saat ini Dunia IT telah berkembang dengan sangat cepat dan pesat. memungkinkan diterapkannya cara-cara yang lebih efisien untuk produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa. Proses inilah yang membawa manusia ke dalam masyarakat atau ekonomi informasi sering disebut sebagai masyarakat pasca industri. mempermudah pekerjaan manusia dari telepon yang hadulu cuman bisa bersuara saja dan berkembang dapat mengirim sms, kemudian memiliki fitur kamera tanpa harus lagi membawa kamera, hingga dapat menjadi perangkat audio radio dan mp3 semacamnya.

Dunia IT kedepannya akan semakin maju. mungkin semua akan menjadi seperti virtual contohnya saja sekarang amerika yang sudah banyak teknologi-teknologi IT yang sangat mutahir contohnya saja seperti film IRON MAN, Batman. Saat ini pun di Indonesia sudah banyak yang membuat robot-robot ini pun menjadi suatu perkembangan IT. Kabarnya di jepang sana robot sudah dapat menyerupai manusia, robot ini memiliki nama yaitu Actroid-F berat 30 kg dan tinggi 140 cm, dan katanya wanita android ini telah membuat banyak orang di dunia terkagum-kagum.wah... mungkin penasaran kan.. saya mencoba mencari nya di youtube dan lihatlah teknologi yang jepang buat



Kita tahu pengaruh perkembangan IT memiliki positif dan negatifnya


Pengaruh positif yang ditimbulkan oleh Perkembangan IT yaitu :
Meningkatnya rasa percaya diri. Dengan adanya kemajuan teknologi saat – saat ini, dapat mempermudah kita dalam menjalin silahturahmi tanpa harus dating ke tempatnya langsung. Karena sudah adanya SMS, Email, telephone dan lain – lain.

Pengaruh negatif yang ditimbulkan oleh perkembangan IT yaitu :
Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar yang dapat menyebabkan miskin dalam rohani. Namun manusia tidak bisa menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa teknologi mendatangkan berbagai efek negatif bagi manusia.

jadi ... kita bisa membayangkan tidak perlu menunggu 5 tahun lagi perkembangan IT akan bagaimana.. sekarang saja sudah terlihat, entah 2 atau 3 tahun lagi perkambangan IT akan menjadi utama dalam kehidupan manusia.

mungkin menjadi catatan bagi kita semua "Pergunakan lah dengan sebaik-baiknya sepositif-positifnya maka akan berguna bagi kita"

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read User's Comments8

Setelah Menjadi Sarjana IT

Bicara tentang kemana setelah menjadi Sarjana IT... hemm...saya pribadi ingin nya menjadi wirausaha. mungkin menjadi seorang wirausaha tidak mesti harus menunggu Lulus kuliah, tapi buat saya apa salahnya sih menjadi Sarjana dan kemudian berwirausaha, dan sepertinya menarik jika seorang wirausaha berpendidikan Sarjana. Pendidikan tetap nomor 1 menjadi wirausaha itu hanya butuh mau tidaknya usaha untuk melakukan suatu kerja keras intinya sih mau kerja apa aja asal berusaha, dan siap menghadapi resiko yang akan dilalui

Kenapa saya berfokus pada pendidikan?? dan kenapa tidak langsung mencoba berwirausaha??kan bisa saja pendidikan dan berwirausaha berjalan bersamaan.. ya.. memang bisa.. tapi saya masih belum siap untuk membagi waktu antara Kuliah dan berwirausaha.

Pada waktu itu saya pernah membagi waktu, bukan soal usaha tapi ada kerjaan project bersama teman saya. dan kerjaan itu walaupun hanya kurang dari seminggu tapi lumayan mengganggu kuliah. saya sempat tidak masuk kuliah cuman hanya karena masalah kerjaan project.dari situlah saya menilai diri saya belum cukup mengatur waktu dan kondisi saya.

Awal setelah lulus akan kerja untuk mencari modal awal membangun usaha. setelah dana kiranya cukup terkumpul baru membuat usaha kecil-kecilan. dari membuat toko service komputer, mangembangkan usaha orang tua dengan menyediakan rumah makan dll. dari dana awal kerja sambil berwirausaha kecil-kecilan setelah 15 - 20 Tahun Wirausaha itu sudah berjalan jadi gak perlu takut lagi jika kita di PHK.

Tulisan diatas sebagian kecil dari apa yang akan dilakukan setelah Lulus Sarjana IT.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read User's Comments3

Launcher Honeycomb Kini Sudah Tersedia Untuk Handphone Android Anda


Anda suka dengan tampilan Android Honeycomb yang biasa terdapat pada tablet Android dan ingin menerapkan tampilan Honeycomb pada handphone Android anda ? Caranya mudah, anda dapat menginstal launcher honeycomb pada handphone Android anda yang dapat anda download di http://www.filesonic.com/file/1447360974 . Launcher Honeycomb ini sudah bisa berjalan pada sistem operasi Android 2.1 Eclair atau diatasnya. Dibawah ini adalah fitur-fitur yang terdapat pada launcher honeycomb.


Fitur-fitur :
  • Tampilan yang benar-benar mirip dengan Android Honeycomb
  • Pergerakan tampilan yang responsif dan halus
  • Tema internal
  • Pilihan wallpaper
  • Bar notifikasi yang tersembunyi
  • Pengaturan khas honeycomb
  • Menu khas honeycomb
  • Honeycomb Dock
  • Akses pintas ala honeycomb
  • Tutorial dan panduan penggunaan
  • Dapat menggunakan semua jenis wallpaper yang anda miliki
  • Dukungan live wallpaper
  • Widget yang dapat discroll
  • Widget yang dapat disesuaikan ukurannya
Sebagai informasi, launcher honeycomb ini masih merupakan versi beta dan mungkin akan terjadi bug atau hal lainnya saat digunakan. Namun jangan takut karena launcher honeycomb ini akan terus-menerus diupdate agar terbebas dari masalah.

via mobilism

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read User's Comments0

Survey Kepuasan Pengguna : Windows Phone 7 No 2, Android No 3

Survey membuktikan bahwa saat ini para pengguna OS Windows Phone 7 menempati tempat kedua dalam survey kepuasan pengguna yang dilakukan oleh lembaga survey Changewave Research. Tingkat kepuasan pengguna OS Windows Phone 7 dibawah iOS dan diatas Android. Ini membuktikan bahwa Windows Phone 7 memiliki kelebihan dalam penggunaan yang lebih baik dari Android.






Walaupun menduduki peringkat nomor 2 saat ini, namun penjualan smartphone berbasis Windows Phone 7 kalah bila dibandingkan dengan penjualan handphone berbasis Android. Namun perlu anda ketahui bahwa para pengguna Windows 7 adalah orang yang benar-benar ingin menggunakan Windows 7 sesuai dengan keperluannya tidak seperti pengguna Android yang kebanyakan hanya coba-coba menggunakan OS baru dan mengikuti tren.

Jangan pernah anda membandingkan Windows Phone 7 dengan Windows Mobile 6.5 yang memang sedikit jumlah aplikasinya, karena Windows Phone 7 benar-benar disiapkan lebih matang ketimbang versi sebelumnya yang dapat dikatakan kurang berhasil dipasaran. Dukungan update juga menjadi salah satu faktor penentu kepuasan pengguna Windows Phone 7.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read User's Comments0

Apple Kembali Catat Rekor Pendapatan Berkat iPhone dan iPad

Laporan kuartal kedua tahun 2011 dari Apple telah dirilis. Dari laporan tersebut diketahui bahwa Apple kembali mencatat rekor baru dan disebut Steve Jobs sebagai kuartal terbaik. Hal ini dikarenakan penjualan iPhone dan iPad meningkat lebih dari dua kali lipat sehingga pendapatan dan keuntungan yang diperoleh menjadi semakin besar.
Dalam tiga bulan terakhir, ada lebih dari 20 juta iPhone terjual, atau naik 142% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Dengan penjualan sebanyak ini Apple memperoleh pendapatan sebesar 13,3 miliar dolar, hampir setengah dari total pendapatan Apple yang sebesar 28,5 miliar dolar.
Apple juga melaporkan bahwa iPad terjual sangat bagus dengan lebih dari 9 juta unit terjual. Ini berarti penjualannya naik 183% dan tercatat menghasilkan pendapatan sebanyak 6 miliar dolar. Apple mengatakan bahwa mereka mampu menjual habis seluruh iPad yang diproduksi sehingga mereka menaikkan proses perakitan, meskipun juga diakui bahwa kehadiran iPad telah memakai korban dengan penurunan penjualan Mac.
Sementara itu, iPod dilaporkan terus menurun drastis dengan hanya terjual 7,5 juta unit. Pendapatan dari penjualan iPod ini mencapai 5 miliar dolar. Separuh dari iPod yang terjual adalah tipe iPod touch, sementara iPod sendiri secara global menguasai 70% pasar pemutar media mp3. Di bidang media lain, Apple melaporkan bahwa iTunes memperoleh pendapatan sebanyak 1,4 miliar dolar atau naik 36% dari tahun sebelumnya.
Perlu dicatat juga bahwa jika pendapatan Mac dan Mac portabel digabung maka jumlahnya masih kalah dari pendapatan iPad, meskipun penjualannya naik 14% dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu. Apple hari ini juga mengumumkan Mac OS X Lion sebagai penerus OS PC buatan Apple. Secara total, Apple mencatat bahwa ada 222 juta unit perangkat iOS yang saat ini beredar.
Dari segi keuntungan Apple juga melaporkan rekor dengan nilai 7,31 miliar dolar, naik dari 3,25 miliar dolar yang diperoleh Apple pada periode yang sama tahun lalu atau naik 125%. Total pendapatan Apple juga memecahkan rekor dengan nilai 28,57 miliar dolar, naik dari 15,7 miliar dolar di periode yang sama tahun lalu atau naik 82%. Margin kotornya juga naik dari 39,1% di periode yang sama tahun lalu menjadi 41,7% di kuartal ini.
Pada kesempatan tersebut COO Apple, Peter Oppenheimer mengatakan bahwa akan ada banyak hal yang terjadi di musim gugur mendatang. Dia juga menyiratkan adanya transisi produksi meski tidak mengatakan lebih lanjut. Apakah ini iPhone, iPod, atau yang lain? Mari ditunggu.


Via GSMArena

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read User's Comments0

Cuap-Cuap Sistem Informasi Nasional

Sistem Informasi Nasional sebenarnya sudah mulai ada pada era 1997an. Serba terlambatnya kebijakan dan strategi pengembangan E-Government nasional menyebabkan pengelola E-Government daerah asik dengan pengembangan E-Government-nya masing-masing. Namun kondisi ini ternyata justru membuat kesenjangan dalam pengembangan E-Government secara nasional. Hasilnya, kompleksitas integrasi database yang menjadi urat nadi Sistem Informasi Nasional makin menciptakan jurang pemisah antar daerah yang cukup tinggi. Sungguh disayangkan kreatifitas daerah dalam pengembangan Sistem Informasi E-Government justru menyebabkan permasalahan Sistem Informasi Nasional makin kompleks.

Kegagalan implementasi Sistem Informasi E-Government pada awal pengembangannya menyebabkan banyak daerah yang menilai proyek ini hanya sekedar mengikuti tren atau proyek gagah-gagahan saja tanpa menghasilkan sesuatu yang memberi arti bagi pemerintahan. Kini era itu sudah berubah. Pusat tidak lagi punya kuasa besar di daerah. Otonomi memberi kesempatan daerah untuk mengembangkan E-Government-nya tanpa harus nurut-nurut saja . Membuktikan bahwa daerah mampu lebih maju dibanding Pemerintah pusat. Dan sudah saatnya pusat tidak lagi menganggap pengelola E-Government daerah sebagai bawahan, namun lebih pantas disejajarkan sebagai partner. Kominfo yang memiliki posisi paling strategis lebih banyak berbicara secara makro dan hampir tidak pernah menyentuh sisi teknis yang sebenarnya merupakan ciri khas lembaga Teknologi Informasi. Kebijakan yang dikeluarkan cenderung terlambat.

Ada beberapa hal yang menyebabkan Sistem Informasi tersebut tidak dapat berlanjut hingga saat ini antara lain :

1.      Sentralistis pada propinsi. Sistem Informasi dibuat oleh propinsi tanpa adanya standarisasi antar propinsi sehingga sulit diintegrasikan secara nasional. Kabupaten tidak memperoleh kesempatan untuk mengembangkan atau sekedar menerima dari pemerintah atasnya
2.      Sistem Informasi yang single user, sehingga sulit untuk dikerjakan secara kolektif.Pemberdayaan team menjadi sulit dikembangkan. Banyaknya data akan menjadi pekerjaan yang tidak kunjung tuntas dikerjakan oleh sebuah Personal Computer. Sebuah kebijakan yang menumbuhsuburkan ego sektoral
3.      Sebagai suatu teknologi yang relatif baru dalam kalangan pemerintahan, telematika serasa dipaksakan untuk diimplementasikan secara top down tanpa memperhatikan kualifikasi personil yang dilibatkan, sehingga berjalan ala kadarnya atau bahkan macet sama sekali.

Lalu, apakah yang akan dilakukan oleh sebuah kebijakan pengembangan Sistem Informasi Nasional? Apakah akan membuat Sistem Informasi yang akan diimplementasikan dengan sebuah tongkat komando ke daerah? Dan mengharapkan daerah akan loyal? Apakah akan membuat komponen-komponen Sistem Informasi yang dapat digunakan dalam pembangunan Sistem Informasi yang berskala nasional?

Secara nyata kita melihat bagaimana Pemerintah pusat mengalokasikan Milyard-an rupiah untuk membangun sebuah Sistem Informasi dan tidak jarang mengarahkan beberapa daerah untuk menjadi pilot project. Beberapa kegagalan implementasi pilot project tidak jarang ditimpakan kesalahannya kepada daerah dengan berbagai alasan seperti ketidakbecusan personil daerah untuk menerima transformasi Teknologi Informasi, ketiadaan dukungan dana pendamping daerah, dan lain-lain. Lalu, seperti apakah bentuk Sistem Informasi Nasional itu?

Namun, bagaimana pun juga harus ada keberanian untuk mengambil langkah strategis guna membangun sebuah E-Government Nasional. Harus ada keinginan untuk memberi dan menerima. Posisi strategis berada di Pusat, Kominfo tentunya. Hanya saja perlu dibuat sebuah perencanaan yang jelas. Batasan pengertian antara komunikasi dan informasi ala Departemen penerangan dan telematika yang memang secara background ilmiah berbeda harus ditegaskan. Kominfo harus berani berbicara teknis dan kongkrit, bukan sibuk dengan konseptual dan wacana, apalagi tidak melibatkan daerah dalam penyusunan kebijakan atau strategi nasional, sehingga pusat dan daerah tidak sehati meski sebidang pekerjaan.

Upaya riil yang dapat ditempuh antara lain diawali dengan menyusun daftar database yang dibutuhkan dalam skala nasional dan daerah. Kemudian dipilih database yang paling memungkinkan dan menjadi basic dari database E-Government. Selanjutnya disusun draft format standar database & aplikasi E-Government yang mencakup design, struktur database, struktur coding dan sebagainya. Bahkan bila perlu jenis dan penamaan database serta field-field-nya distandarkan, sehingga membantu daerah dalam membangun sebuah Sistem Informasi E-Government. Juga bukan hal yang tabu untuk menetapkan standar waktu pembuatan sebuah aplikasi, agar kemerdekaan melakukan mark up proyek Sistem Informasi E-Government dapat mulai ditekan.

Jadi, mungkinkah Sistem Informasi Nasional diwujudkan? Tentu saja mungkin, sejauh Sistem Informasi Nasional ditetapkan sebagai proyek nasional, bukan proyek pusat. Perlu dipahami bahwa dalam beberapa daerah dan dalam beberapa segi teknis, daerah lebih unggul dan lebih paham pekerjaannya daripada pusat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read User's Comments0

Kampanye kepedulian terhadap Data (Go Data)

      Kampanye Go Data adalah suatu kampanye kepedulian terhadap data. Data adalah catatan atas kumpulan fakta. Data merupakan bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa Latin yang berarti "sesuatu yang diberikan". dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya. pernyataan ini adalah hasil pengukuran atau hasil pengamatan suatu variabel yang bentuknya dapat berupa angka, kata-kata, atau citra.
      
     Penulis pun masih bingung dengan Kampanye Go Data itu apa?? Saya berfikir mungkin yang dimaksud adalah peduli terhadap privasi data pribadi sehingga tidak disalahgunakan oleh orang lain. Seperti photo, data pribadi yang mungkin rahasia, atau nomor telpon.

     Mungkin kita bisa ambil contoh yang sekarang sedang tren-trennya. Photo pribadi yang seharusnya tidak untuk di upload, malah di upload lalu di unduh dan di salahgunakan. Seperti halnya kasus selebriti kita di indonesia ini sebut saja Ari*l Pet***en dengan kasus video mesumnya yang seharunya dibuat dan disimpat sebagai data pribadi, yang pada akhirnya data itu jatuh keorang lain dan di salah gunakan.
    
       Bukan hanya itu saja, masih banyak juga sekarang bertebaran di dunia maya photo-photo sexy cewek-cewek jaman sekarang. Hal itu merupakan hal pribadi yang seharusnya tidak perlu di umbar dalam dunia maya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read User's Comments4

Andaikan saya diberikan tanggung jawab untuk membenahi Sistem Informasi Nasional dan negara menyediakan anggaran awal 1 triliyun, apa yang akan saya lakukan???




Hemm.. Pertanyaan ini cukup sulit buat saya,dan mungkin buat para pembaca juga mungkin berpendapat sama. Karna kita tahu di beri tanggung jawab untuk sesuatu itu bukan persoalan yang mudah, apalagi dengan Sistem Informasi Nasional.
Kalau pun diberi 1 milyar atau 1 trilyun pun belum tentu sistem yang kita jalanin dapat terlaksana dengan cepat. Maka dari itu harus merubahnya dari hal kecil, misalnya mempelajari sistem-sistem yang sudah ada tanpa harus merubah seluruhnya.
Sistem yang kurang bisa kerjasama dengan baiklah yang harus dirubah, dari sistem-sistem itulah kita bisa memulainya untuk membenahi Sistem Informasi Nasional. Kita ambil cotoh mudah saja yaitu persoalan pembuatan KTP (Kartu Tanda penduduk), masih saja kita melihat masyarakat kita memiliki KTP lebih dari 1 atau istilahnya KTP Ganda. Sistem yang pertama saya lakukan adalah adanya kerjasama antar daerah/lingkungan masyarakat, yaitu dengan mengupulkan data warga setempat dan mencocokannya, dari situlah kita bisa tahu ada tidaknya KTP yang Ganda. Warga pun diminta kepastian soal tempat tinggal yang sebenarnya.
Bagaimana dengan yang ngekost atau memiliki tempat tinggal lebih dari 1?? iya, memang cukup membingungkan.. buat saya ngekost kan tidak selamanya tinggal di daerah itu.. jadi lebih baik menggunakan KTP tempat tinggal asal. tidak perlu memiliki KTP dimana kita tinggal sekarang (ngekost).
Lalu bagaimana dengan yang memiliki tempat tinggal lebih dari 1?? warga diminta untuk memberi kepastian dengan cara yang paling lama atau yang paling sering di tempati itu tempat tinggal yang mana.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read User's Comments3

Google+ Kebanjiran Pengunjung

 Jakarta – Rasa penasaran penikmat jejaring sosial untuk mencoba produk Google yang terbaru saat ini G+ (baca: Google Plus) ternyata belum berakhir.

Banyaknya pengunjung yang ingin bergabung dengan Google+ membuat, beberapa hari yang lalu setelah Google+ launching untuk publik, Vic Gundotra, Kepala proyek Google+ harus mematikan sistem invite untuk menjamin stabil kelancaran situs tersebut.
Tidak hanya itu, setelah sistem invite tersebut ditutup, banyak yang menggunakan cara lain untuk mengundang teman-teman masuk ke lingkaran Google+ ini. Namun, hasilnya banyak juga pengguna kecewa karena harus menunggu approval dari sistem Google+.
Layanan Google+ sempat diberitakan terbuka untuk umum pada Senin (4/7) beberapa waktu lalu, namun demikian tidak membuat pengguna juga berhasil masuk. Dan sampai hari ini fitur untuk bergabung sudah dihilangkan dari halaman utama Google+.
Hari ini (7/7), Direktur Teknik Google+, Dave Besbris menyebutkan dalam statusnya, antusiasme pengguna G+ cukup banyak dan diluar ekspektasi mereka, sehingga Google pun harus mengambil langkah-langkah untuk menangani hal tersebut.
“Sistem Google+ tidak akan melakukan proses invite jika dilakukan secara massal dalam waktu yang bersamaan”, sebut Besbris dalam statusnya tersebut.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read User's Comments0

Friendster Dengan Kemasan Baru?

Sudah tahu rencana Friendster akan menghapus data pribadi Anda di situs jejaring sosial yang sempat populer di tahun 2000-an? kalau belum, simak berbagai ulasan menarik seputar kabar Friendster yang akan berganti dengan kemasan baru.


Berbagai berita yang tersebar di dunia maya, kalau Friendster akan menghapus data-data penggunanya terhitung sejak 31 Mei 2011 nanti memang bukan sekedar bualan. Namun, anehnya banyak pengguna yang lupa dengan keberadaan isu tersebut, malah yang lebih parahnya banyak juga pengguna tidak tahu menahu lagi nama akun atau password-nya.

Perkembangan jejaring sosial, boleh dibilang Friendster-lah yang menjadi situs utama hampir 10 tahun yang silam. Lambat laun, kejayaan tersebut kian tersaingi saat kemunculan Facebook dan Twitter, yang akhirnya berimbas luar biasa pada Friendster. Bukti ini diperkuat dengan banyaknya pengguna Friendster yang hijrah ke Facebook dan Twitter.
Sedang memanasnya jejaring sosial sekitar tahun 2009 yang lalu, Friendster pun berpindah tangan. Sebuah perusahaan retail dan payment, MOL Global Pte. Ltd yang bermarkas di Malaysia mengakusisi Friendster sepenuhnya. Tak lama kemudian, Friendster juga mengubah tampilan utamanya dengan membawa tagline “Connecting Smiles” yang dipercaya bisa lebih menyenangkan bagi penggunanya.
Kini, Friendster secara resmi sudah mengumumkan berita bahwa akan ada perubahan besar-besaran disitus tersebut. Friendster juga telah mengirim berita ini secara massal kepada penggunanya, untuk segera melakukan pemindahan data-data, seperti foto, pesan, komentar, testimonial, shoutout, blog, serta group-group yang diikuti.
Friendster juga sudah menyiapkan halaman resmi Friendster Exporter versi beta di alamat http://widgets.friendster.com/exporter, agar memudahkan penggunanya dalam memindahkan berbagai data-data tersebut, termasuk foto-foto yang bisa langsung dihubungkan ke Flickr dan Multiply.
Lalu apa yang akan dilakukan Friendster kedepan? Friendster sendiri telah menjanjikan untuk menghadirkan berbagai fitur-fitur baru yang bisa membantu penggunanya bersosialisasi dan terkoneksi dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama.
“Situs baru kami didesain untuk menciptakan profil baru yang memudahkan orang terhubung dengan orang lain secara berbeda dengan jejaring sosial lain,” Friendster menjanjikan, seperti yang dilansir oleh Computer World.
Ke depan Friendster akan lebih memusatkan perhatiaan dan fokus utama para dunia hiburan, jadi penggunanya nanti bisa bermain games dan mendengarkan musik sambil saling terhubung dengan rekan-rekannya. “Pada dasarnya, situs baru ini akan melengkapi kehadiran online Anda di jejaring sosial yang lain,” tambah Friendster.
Sampai saat ini, Friendster telah menjalin kerjasama dengan Yahoo! untuk Asia Tenggara dalam melahirkan berbagai games dan juga portal musik. Mungkin inilah salah satu kemasan baru yang akan lahir, setelah program “bersih-bersih” hingga akhir Mei 2011 nanti. Jadi, tunggu saja inovasi terbaru dari Friendster.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read User's Comments0

Friendster beralih fungsi jadi situs games

Friendster bukan lagi sebuah situs sosial jejaring pertemanan, kalah saing dengan facebook

       Dahulu, sekitar sepuluh tahun lalu, sebelum Facebook “menjajah” dunia media sosial, Friendster-lah yang pertama kali memperkenalkan eksistensi seseorang di dunia maya, termasuk saya yang mengenal friendster ketika kuliah sekitar november 2006 (barusan saja saya login ke fs :D )
        Pada awal 2000-an, gagasan untuk menciptakan profil di jaringan sosial adalah hal yang tidak lazim dan membahayakan bagi kebanyakan orang. Namun, Friendster membawa sisi lain dari Internet. Di sini, setiap orang berwenang mengatur dengan siapa mereka ingin berkenalan, saling terhubung, dan berbagi. Melalui situs ini, setiap orang mulai membuka identitasnya, menjadikan Internet sebagai tempat berinteraksi, sehingga fisik menjadi sirna.
Perintis jejaring sosial itu berdiri pada 3 Januari 2001 dan hingga kini tercatat lebih dari 50 juta orang terdaftar sebagai anggotanya. Angka tersebut hanya sepersepuluh dari total “penduduk” Facebook. Di awal kedatangannya pada 2004, Facebook menyuguhkan suasana berbeda. Facebook membawa iklim yang lebih terbuka dan memiliki keunggulan dalam aplikasi.

        Sempat menjadi situs terpopuler pada 2003, lambat laun pamor Friendster meredup. Jika pada 2008 dia pernah menduduki ranking ketujuh sebagai situs yang paling sering dikunjungi, kini, menurut situs penganalisis peringkat website, Alexa, peringkat Friendster terjun bebas ke posisi 1.009. Itu jauh di bawah Sina.com, sebuah website media sosial di Cina.
        Semakin jauh dari puncak situs top dunia, Friendster mulai menepi dengan menggarap layanan di wilayah tertentu. Kekalahan oleh MySpace dan Facebook di Amerika Serikat membuat situs ini “hijrah” ke Asia Tenggara. Di sini, Friendster lebih “dihargai”. Sekarang, lebih dari 90 persen pengguna situs yang bermarkas di Mountain View, California, ini berasal dari Asia.
Seiring dengan redupnya kedigdayaan Friendster, pada 10 Desember 2009, situs ini diakuisisi MOL Global, induk perusahaan penyedia pembayaran digital, MOL AccessPortal Berhad, yang bermarkas di Malaysia dengan nilai US$ 26,4 juta. Sejak itu, Friendster lebih mengedepankan layanan musik dan game. Sekadar informasi, pada 2003 sebenarnya Google sudah “melamar” Friendster dengan nilai US$ 30 juta. Namun, pinangan itu ditolak. Padahal, jika saat itu Friendster mau menerima, nilainya saat ini akan lebih dari US$ 180 juta.Kemudian mimpi buruk itu datang. Selasa lalu, Friendster mengumumkan akan tutup buku pada 31 Mei 2011. “Kami akan menjadi situs hiburan sosial untuk bermain game dan musik,” kata Ganesh Kumar Bangah, Group Chief Executive Officer Friendster. “Kami juga akan memanfaatkan Facebook Connect.” Akibatnya, situs ini akan menghapus seluruh konten profil jejaring sosial, seperti pesan, komentar, foto, dan postingan blog. Namun, Friendster tetap memelihara akun yang terdaftar. Pengguna yang ingin “menyelamatkan” data mereka dapat menggunakan aplikasi exporter yang bisa diakses di http://apps.friendster.com/exporter.
Keputusan Friendster untuk undur diri dari dunia jejaring sosial sudah final. Kesimpulannya: Facebook menang.

Di Mana Friendster?

Mengutip hasil analisis situs Alexa, Friendster kini berada di peringkat 1.009 sebagai situs yang paling sering dikunjungi warga Bumi dalam tempo tiga bulan terakhir.
Berikut ini 10 tangga situs paling sering dikunjungi di dunia.

1. Google (google.com)
2. Facebook (facebook.com)
3. YouTube (youtube.com)
4. Yahoo! (yahoo.com)
5. Blogger (blogspot.com)
6. Baidu (baidu.com)
7. Wikipedia (wikipedia.org)
8. Windows Live (live.com)
9. Twitter (twitter.com)
10. QQ.COM (qq.com)

1.009. Friendster (friendster.com)

 Di Asia, Friendster Berjaya

Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Uni Emirat Arab masih lengket dengan Friendster. Pengunjungnya kebanyakan orang berpendidikan dan memiliki penghasilan kurang dari US$ 30 ribu. Mereka biasanya mengakses situs ini dari rumah atau sekolah. Inilah peringkat Friendster di lima negara itu.

1. Filipina, 15
2. Indonesia, 101
3. Malaysia, 142
4. Singapura, 224
5. Uni Emirat Arab, 336

diolah dari tempointeraktif

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read User's Comments0

Bagaimanakah Remaja Amerika Menggunakan Ponsel Mereka ? [Infografik]


Tidak sampai 10 tahun, handphone yang dulunya adalah barang mewah berubah menjadi barang kebutuhan sehari-hari banyak orang. Memudahkan berkomunikasi dalam bentuk SMS dan telepon adalah alasan awal orang-orang membeli ponsel meski kini jaringan data sudah menjadi primadona dengan berkembangnya smartphone.
Lab 42 baru-baru ini membuat sebuah poling yang ditujukan kepada 500 anak muda khususnya remaja di Amerika Serikat dalam rentang usia 13 sampai 21 tahun, untuk mengetahui bagaimanakah mereka menggunakan handphone mereka untuk berkomunikasi. Dari hasil poling tersebut, 71% remaja Amerika menggunakan handphone mereka untuk ber-SMS ria dan mereka rata-rata menelpon selama 15 menit perhari. Untuk lebih jelas nya lihat gambar dibawah


Bagaimana dengan kamu ? Apakah lebih sering mengirimkan SMS, telepon, atau hal-hal lain ? Berikan pendapat kalian di kolom komentar dibawah ini, tidak harus yang masih remaja koq =)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read User's Comments0

iPad 2 Plus dengan Layar Lebih Baik Hadir Tahun Ini




Beberapa hari yang lalu sempat dirumorkan kalau Apple sedang menyiapkan iPad 3 untuk hadir di tahun ini. Malah gosipnya tablet baru Apple ini akan diumumkan bersama iPhone 5 di bulan September yang belum juga dikonfirmasi oleh Apple hingga sekarang.
Kali ini ada lagi sumber lain yang mengatakan hal serupa. Menurut analis FBR Capital Markets, Craig Berger, dia percaya kalau tablet iPad 2 dengan resolusi layar lebih besar akan hadir di tahun ini, sebut saja namanya iPad 2 Plus.
Sulit dipercaya karena memang bukan kebiasaan Apple untuk meluncurkan 2 generasi produk di tahun yang sama, namun bila iPad yang dimaksud adalah versi peningkatan sedikit dari iPad 2 maka kemungkinan ini bisa saja terjadi. Ketajaman layar iPad 2 terbaru ini akan meningkat menjadi 250-300 ppi dari yang sebelumnya 132ppi (pixels per inch). Berarti resolusi layar iPad akan menjadi kira-kira 2048x1536 yang bahkan melebihi resolusi video full HD sekalipun.
Benar atau tidaknya rumor tersebut sepertinya harus menunggu hingga bulan September. Yang jelas Apple saat ini belum terlihat mengurangi produksi iPad 2 dan terus menggempur pasar dengan meningkatnya penjualan iPad 2, kira-kira akan terjual 40-45 juta iPad 2 di tahun 2011.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read User's Comments0

Aplikasi Google+ Untuk Android Sudah Dilengkapi Dengan NFC


Kabar baik untuk pengguna aplikasi Google+ untuk Android. Aplikasi Google+ untuk Android sudah dilengkapi dengan fungsi NFC yang dapat digunakan pada handphone Android Gingerbread yang sudah mendukung NFC seperti Google Nexus S. Fungsi NFC ini memang agak tersembunyi dan baru ditemukan beberapa hari setelah aplikasi ini diluncurkan oleh pengguna Google Nexus S
Fungsi NFC yang ada pada aplikasi Google+ untuk Android saat ini masih terbatas namun yang pasti fitur NFC pada Google+ untuk Android ini sudah dapat digunakan untuk bertukar data, berbagi lokasi, check-in, serta melakukan scan tag NFC.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read User's Comments0

Google Blok Domain co.cc Dari Servernya


Google secara resmi telah melakukan pemblokiran situs-situs atau apapun yang berhubungan dengan domain co.cc dari mesin pencarinya. Dikabarakan Google mulai gerah karena melihat sebagian besar website co.cc gratisan yang beredar yang melakukan spam dan isi dari websitenya berkualitas rendah.
Google melalui Matt Cutts kepala Team Webspam Google telah memberikan pernyataan resminya, seperti yang kami kutip dibawah ini :
Kami (Google) benar-benar mencoba untuk menjadi granular (fleksibel), tapi saya ingin menyebutkan jika kami melihat sebagian besar situs pada website gratisan tertentu menyebarkan spam dan memiliki konten berkualitas rendah, kami berhak untuk mengambil tindakan pada freehost (co.cc) secara keseluruhan. Saya pikir para ahli / orang yang mengerti SEO akan memahami ini sepenuhnya, tapi saya pikir lebih baik berkomunikasi daripada tidak berkomunikasi sama sekali.
Dengan dilakukannya pemblokiran ini sejak tanggal 30 Juni 2011 banyak sekali orang yang mengeluhkan tindakan yang dilakukan oleh Google terutama para blogger yang memanfaatkan domain co.cc, mereka umunya merasa kecewa karena situs ataupun blog mereka sudah tidak terdaftar di mesin pencari Google sehingga traffic menurun secara drastis.
Apakah anda salah satu dari pengguna domain co.cc? maka kami sarankan anda mendaftarkan blog atau situs anda ke domain lainnya.
 
via TempoInteraktif, Picture via Google Image

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read User's Comments0

45 Jenis Barang Yang Perlu Dilengkapi Dengan Buku Panduan Manual


Anda pasti tahu bukan bahwa berita tentang penjual iPad yang ditangkap oleh aparat kepolisian Indonesia dengan tuduhan mereka menjual barang elektronik tanpa disertai dengan buku panduan manual berbahasa Indonesia. Nah, sebenarnya apa saja sih barang-barang elektronik yang termasuk kedalam undang-undang yang jika dijual harus dilengkapi dengan buku panduan manual berbahasa Indonesia. Mari sama-sama kita lihat dibawah ini Peraturan Perundangan KepMenDag No 19/2009 tentang 45 jenis barang elekronik yang harus dilengkapi dengan buku panduan manual berbahasa Indonesia jika anda ingin menjualnya (Lampiran I Kepmendag 19/2009) :

DVD/VCD Player, Amplifier, Kalkulator, Kipas Angin, Kamera Digtal/Video, Fax, Dispenser, Freezer, Lemari Es, Mesin Cuci, Microphone, Monitor Komputer, AC, Blender, Magic Jar, Toaster, Printer, Mesin Fotocopy, TV, Piano Electric, Radio Cassete, Tape Mobil, Set TopBox, Setrika Listrik, Telpon Nirkabel, Telpon Seluler, Microwave Oven, Toaster dan Kompor Gas.

Jadi yang tidak termasuk dalam Daftar Lampiran I adalah:

Komputer, PC, Laptop, PDA, dan iPad. Pada Kepmendag No 19/1999 mencantumkan sangsi bagi yang tidak memiliki Buku Panduan Penggunaan dan Kartu Garansi Pasal 2 ayat1 diatur dalam UU No8/1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Namun sangsi UU 8/1999 tentang Perlindungan Konsumen belaku bila barangnya jelek, tidak sesuai janji atau spesifikasi, tidak ada spareparts, dsb. Tidak ada penyebutan perlunya Buku Petunjuk Penggunaan dalam bahasa Indonesia.

Kenyataannya, iPad adalah barang bagus hampir tanpa cacat, tidak ada keluhan pengguna terhadap barang ini. Sedangkan sangsi menurut KepMenDag 19/1999 hanyalah sangsi administrasi berupa pencabutan Izin Usaha, dsb, tidak ada ancaman pidana.

Bagaimana pendapat anda ? Tulis opini positif anda pada kolom komentar dibawah ini.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read User's Comments0

Froyo Kuasai Android, Eclair dan Gingerbread Menyusul



Selain iOS 4, Android Froyo milik Google juga sudah berumur sekitar setahunan. Pertama kali di pasang pada Nexus One, kini 64,6% pengguna Android sudah menggunakan OS Froyo ini disusul oleh Eclair dengan 21,2% dan Gingerbread dengan total 9,2%. Selain OS yang sudah tergolong modern itu, masih ada pengguna Android yang menggunakan sistem jadul cupcake 1.5 dan donut 1.6 meski tergolong kecil yakni hanya berkisar 4,4% secara total.
Dibawah ini juga ada grafik persebaran Android dengan Cupcake berada di atas chart dan Gingerbread dibawah.
Grafik ini juga mengindikasikan kalau API pada versi lama Android akan tetap ada dan malah bertambah di versi baru nya sehingga jika pengembang membuat sebuah aplikasi dengan kompatibilitas rendah, dipastikan aplikasi tersebut akan bisa dipakai pada smartphone Android dengan versi yang lebih baru.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read User's Comments0

Gila, Prototipe iPhone 4 Dilelang di eBay Seharga 999.999 Dolar


Sebuah prototipe dari iPhone 4 seperti yang pernah ditemukan Gizmodo telah dilelang di situs eBay. Pada mulanya produk ini dijual oleh orang yang memilikinya seharga sekitar $810 (sekitar 7 juta rupiah) namun ternyata setelah itu harganya meroket hingga harga yang sangat mencengangkan yaitu 999.999 dolar (sekitar 700 juta rupiah) dan telah ditawar oleh 63 orang.


Perangkat ini bukanlah barang baru karena telah terlihat adanya beberapa bekas pemakaian di bagian logamnya. Tombol kontrol volume pada prototipe iPhone 4 ini juga agak berbeda dengan prototipe yang lain karena tidak memiliki simbol plus minus. Di bagian panel depan dan belakang terlihat tulisan DF1692, menunjukkan tanda pemilik handset yang diserahi Apple untuk memakainya. Di bagian belakang terlihat tanda XXXXX dan bukan angka model dan detail lain.

Gila, Prototipe iPhone 4 Dilelang di eBay Seharga 999.999 Dolar News Gallery
Penjualnya mengatakan bahwa perangkat ini tidak bisa diaktifkan dengan iTunes atau digunakan memakai kartu SIM AT&T. Bagian dari ponsel ini yang berfungsi adalah layar, getaran dan semua tombol. Perangkat ini juga tidak bisa digunakan untuk melakukan panggilan ataupun untuk kegiatan lain karena saat ini masih terpaku pada layar koneksi iTunes.
Belum diketahui pasti siapa yang melakukan penawaran setinggi itu terhadap sebuah prototipe dari perangkat yang sudah beredar saat ini. Apakah Apple akan mengajukan gugatan seperti ke Gizmodo jika nanti prototipe ini jatuh ke tangan pembeli dengan tawaran tertinggi?

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read User's Comments0

Facebook akan Peroleh 1 Miliar Dolar dari Game Sosial

Facebook dikabarkan akan memperoleh pendapatan sebesar 1 miliar dolar dari game sosial yang selama ini populer dimainkan di sana. Kebanyakan penerimaan pendapatan ini datang dari iklan. Hal ini dikemukakan Kevin Ryan, seorang wiraswasta internet terkemua dan merupakan mantan pimpinan dari DoubleClick, perusahaan iklan yang dibeli Google.


Perkiraan pendapatan 1 miliar dolar ini juga termasuk pendapatan dari Facebook Credits, alat pembayaran resmi Facebook yang digunakan untuk membeli barang di online game yang ada. Salah satu pengembang game sosial yang populer di Facebook adalah Zynga, yang baru saja melakukan penjualan saham perdana ke publik dan berharap bisa meraup saham sebesar 1 miliar dolar.


Zynga mengatakan bahwa pihaknya telah menghasilkan pendapatan sebesar 235 juta dolar dalam kuartal pertama tahun 2011. Angka ini lebih dari dua kali lipat pendapatan Zynga di periode yang sama tahun sebelumnya. Oleh karena itu Zynga juga diprediksi akan mampu menghasilkan pendapatan lebih dari 1 miliar dolar di tahun 2011 ini.
Facebook saat ini memiliki lebih dari 500 juta pengguna dan hal ini menarik minat banyak perusahaan untuk memanfaatkannya sebagai sarana pemasaran online. Saat ini Facebook merupakan perusahaan pribadi dan tidak memaparkan informasi finansial yang dimilikinya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read User's Comments0

AMD Siapkan Prosesor Untuk Windows 8

Microsoft telah memperkenalkan OS baru untuk tahun 2012 dengan nama Windows 8 beberapa minggu yang lalu. OS yang dioptimalkan untuk desktop, tablet dan smartphone ini akan berjalan dengan dukungan arsitektur x86 / x64 buatan Intel dan AMD pada desktop serta dukungan ARM pada tablet dan smartphone.

Sebagai pembuat chip untuk komputer terbesar kedua dibawah Intel, AMD suda mengambil ancang-ancang untuk membuat prosesor untuk Windows 8. Chipset baru yang bernama Hondo ini diklaim AMD akan siap ketika Microsoft akan merilis Windows 8 yang dikabarkan akan masuk ke versi RTM bulan April 2012 mendatang.
Lalu apa kelebihan yang dimiliki oleh Hondo ? Sebagai permulaan, Hondo adalah prosesor dual core yang hemat energi dengan mengambil daya hanya 2 watts. Prosesor 40nm ini memiliki GPU Radeon HD 6250 yang mampu memainkan video HD 720p dan dikombo dengan grafis DirectX 11. Sebagai prosesor yang hemat energi, produk dengan Hondo tentunya tidak akan sepanas prosesor lain yang mengambil banyak energi. AMD dikabarkan akan mulai memproduksi massal prosesor ini pada kuartal 2 tahun depan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read User's Comments0

Para Orang Tua Percaya Kalau Internet Memang Berbahaya



Anda salah satu orang yang khawatir akan bahaya internet terhadap anak? Jangan khawatir karena anda tidak sendirian, bahkan cenderung benar. Menurut studi yang dilakukan di Inggris, 1/3 orang tua mengganggap kalau internet bahaya untuk anaknya, sementara 80% orang tua percaya anaknya akan kecanduan situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter, belum lagi kini ada Google+.
Studi ini dilakukan oleh Nominet Trust yang juga menemukan kalau 1/3 orang tua bahkan percaya kalau internet bisa mencuci otak seseorang, apalagi anak-anak yang dapat dengan mudah terpengaruh dengan apa yang dilihatnya, meski tidak ada bukti otentik mengenai kebenarannya.


Di sisi lain, Facebook dan Twitter mengklaim kalau pihaknya justru memberikan banyak manfaat seperti menambah teman, melatih kemampuan visualisasi dan komunikasi, koordinasi, serta dalam mengakses informasi atau berita.
Mungkin bagi orang dewasa lebih bisa memilih konsumsi internet mana yang ingin diakses, namun bagi anak tetap harus mendapat kontrol dan perhatian penuh dari orang tua ditambah dengan pengarahan penggunaan internet yang benar dan positif. Hingga saatnya mereka sudah bisa secara mandiri menggunakan internet dengan benar barulah dilepas pelan-pelan.

Studi tadi juga menemukan kalau 61% orang tua tidak percaya dengan berita bagus di Internet, beranggapan kalau berita itu sudah didanai oleh niat tertentu dari sejumlah pihak, seperti iklan, sugesti dan propaganda.

 
 
via timesofindia

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read User's Comments0

Laptop HP Pavilion Dv6z Dengan AMD Quad-Core Dijual Mulai Rp 5jutaan

Chipset quad-core AMD Llano mungkin tidak memuaskan banyak orang untuk dipakai pada komputer desktop, tetapi prosesor AMD ini jelas sangat memuaskan ketika digunkan pada laptop. Ini terlihat pada produk laptop HP Pavilion Dv6z yang adalah salah satu dari 11 model laptop HP baru dengan tenaga AMD Fusion.
Laptop ini dijanjikan HP memiliki daya tahan baterai hingga 6 jam, menjadikannya salah satu laptop dengan daya tahan baterai paling lama dikelasnya. Laptop ini juga ditenagai dengan kartu grafis Radeon ber-memori 512MB dan tentunya prosesor quad-core 1,4GHz yang bisa di overclock hingga mencapai 2,3GHz dengan menggunakan teknologi Turbo milik AMD. HP sebenarnya juga memiliki versi intel dari Pavilion Dv6z ini, namun dengan harga hanya $650 milik AMD melawan Pavilion Dv6z milik Intel di harga $999, tentu saja versi AMD memiliki keuntungan harga hingga $350 dibanding seteru abadinya itu. Laptop ini memiliki memori RAM DDR3 6GB, harddisk 640GB 5400rpm, layar beresolusi 1366 x 768 piksel, koneksi HDMI, 2 colokan USB 3.0 dan 2 USB 2.0.
Dengan segala kemampuan, spesifikasi, dan desain dinamis khas HP Pavilion, tentu harga $650 termasuk menggiurkan.

via engadget

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read User's Comments0

Bocoran Terbaru Nokia Zeta

Nokia Zeta adalah salah satu dari 4 ponsel Symbian baru Nokia dengan prosesor 1GHz yang bocor beberapa waktu lalu. Setelah gambar buram yang menjadi bocoran pertama Zeta, sekarang muncul lagi gambar yang sepertinya menjadi gambar resmi dari Zeta dan terlihat sebagai ponsel pintar tertipis Nokia dengan ketebalan hanya 10 mm.


 
Berdasarkan rumor yang ada, Zeta akan memakai prosesor 1GHz dan menjadi salah satu yang pertama dari keluarga Symbian yang mempunyai prosesor hingga hitungan GHz. Layar yang digunakan adalah Amoled dengan luas diagonel 3,2 inci dan resolusi 360x640 piksel serta mempunyai konektifitas NFC. OS yang digunakan oleh Zeta dikatakan adalah Symbian ^3 Belle, dan untuk kamera Nokia akan membekali Zeta dengan kamera beresolusi 5mp








 via phonearena

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read User's Comments0

Ponsel Android Raih 20% Pasar Smartphone Indonesia


Rupanya meski ponsel BlackBerry kian merajai pasar ponsel di Indonesia, smartphone Android juga tidak ketinggalan. Setidaknya ponsel dengan os bermaskot robot hijau ini telah mencapai kisaran 20% dari seluruh penjualan smartphone di Tanah Air.
Menurut Fabiant Kayatmo, Product Marketing Senior Manager HHP Bussiness Department Samsung, ponsel Android sudah mencapai 1/5 total penjualan smartphone di bulan Mei 2011. Selebihnya pasar smartphone diisi oleh BlackBerry, Apple, Nokia, dsb. Sedangkan total penjualan ponsel keseluruhan adalah 3.1 juta unit yang 25%nya diisi oleh smartphone.
Angka pertumbuhan smartphone di Indonesia memang tergolong cepat, pada tahun 2010 saja sudah meningkat 65% dari tahun sebelumnya. Pertumbuhan tersebut bahkan lebih tinggi dari pertumbuhan smartphone secara global. Saat ini masih belum diketahui seberapa besar pertumbuhan smartphone untuk tahun ini, jelas Budi Janto, Samsung Mobile Bussines Director.
Sepertinya di negara ini ponsel berfitur sudah mulai ditinggalkan dan mulai beralih ke smartphone. Alasannya tidak lain dan tidak bukan karena ponsel Android, banyak yang menganggap penggunaannya lebih mudah, banyak model, harga terjangkau, dan banyaknya konten gratis yang bisa diunduh.
Belum lama ini Samsung juga telah meluncurkan smartphone Android teranyarnya, Galaxy S II di Indonesia yang akan dilepas tanggal 23 Juli.
via detikinet

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read User's Comments1

Facebook Luncurkan Group dan Video Chat, Ngobrol Makin Seru

Mark Zukerberg, CEO Facebook, baru saja mengumumkan akan disediakannya beberapa fitur baru di Facebook. Fitur baru ini adalah chat berkelompok, desain antarmuka chat baru, dan integrasi Skype untuk panggilan video.



Pengguna Facebook akan bisa melakukan Group Chat dengan cara memilih beberapa teman secara langsung. Chat berkelompok ini dilakukan dengan cara melakukan chat dengan seorang teman lalu mengundang teman lain untuk bergabung (Add Friends to Chat). Pengguna bisa terus menambah teman untuk chat bareng ini dan tidak akan terganggu oleh pengguna lain yang bukan temannya. Group Chat ini juga tersedia dalam antarmuka untuk perangkat bergerak (mobile) namun mereka tidak bisa menambah teman untuk bergabung dalam chat.
Chat berkelompok ini juga bisa dilakukan dengan teman yang berada dalam satu grup. Menurut Facebook, saat ini sekitar 50% pengguna Facebook masuk dalam grup/kelompok tertentu dengan anggota rata-rata 7 orang.
Desain antarmuka chat juga dirubah agar lebih simpel. Ada sidebar Chat yang akan muncul ketika chat dimulai sehingga ruang untuk mengobrol lebih lega. Selain itu juga ada fitur pembatasan untuk chat. Pengguna akan bisa memilih teman mana saja yang bisa melihat status online mereka untuk diajak mengobrol. Dengan demikian pengguna tidak akan terganggu oleh pesan dari teman lain yang tidak diinginkan jika sedang mengobrol dengan teman satunya.
Fitur baru yang paling canggih adalah chat video melalui Skype. Pengguna perlu mengunduh sebuah plugin yang dipasang di komputer mereka. Pengguna yang belum memiliki plugin akan diminta untuk mengunduh plugin tersebut jika ada temannya yang mengajak mereka melakukan obrolan via video.
Jendela panggilan video ini akan dipisah dari jendela Facebook sehingga pengguna bisa tetap menjelajah Facebook dan situs lain sementara sedang melakukan panggilan video. Panggilan ini juga bisa dilakukan hanya dengan suara jika pengguna tidak memiliki webcam untuk bertatap muka. Pengguna Facebook juga bisa mengirimkan pesan video kepada temannya jika mereka sedang tidak online. Fitur panggilan video ini bisa dijalankan di berbagai browser namun hanya di sistem operasi Mac dan Windows, sementara Linux tidak didukung.
Fitur-fitur ini juga akan digulirkan bertahap dan akan tersedia untuk seluruh pengguna Facebook dalam waktu dekat. Untuk memulai chat video, kunjungi 

http://www.facebook.com/videocalling
Via AllFacebook

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read User's Comments0

Microsoft Minta Royalti 15 Dolar untuk Setiap Smartphone Android Samsung

Belum lagi pertikaian hukum dengan Apple selesai, Samsung kembali harus menerima sebuah masalah baru karena adanya permintaan pembayaran royalti oleh Microsoft terkait penggunaan OS Android di jajaran produk smartphone Samsung. Microsoft meminta Samsung membayar 15 dolar untuk setiap ponsel Android yang terjual hingga saat ini karena Android menurut Microsoft telah menggunakan beberapa paten milik Microsoft. Tidak diketahui pasti paten apa saja yang dianggap Microsoft telah dilanggar oleh Android namun diperkirakan ini berhubungan dengan dasar Android yang berasal dari Linux.


Sebelum ini Microsoft telah mengajukan tuntutan yang sama kepada HTC dan hal itu telah berhasil mendapatkan royalti yang diinginkan. Selain itu Microsoft juga berhasil mendapatkan kompensasi royalti dari penggunaan Android oleh beberapa perusahaan lain seperti Winstron, Velocity Micro, hingga Itronix.
Langkah Microsoft mengejar pembuat handset Android dan bukan Google sebagai pencipta OS ini bisa jadi cukup mengherankan. Namun demikian sepertinya hal ini dilakukan Microsoft karena Google tidak mengambil keuntungan dari OS Android secara langsung, sementara para pembuat smartphone memanfaatkan Android untuk menjual smartphone produksinya. Dengan demikian jika Microsoft menuntut Google maka Microsoft tidak akan mendapat royalti apapun sementara jika melalui pembuat handset Android maka Microsoft bisa memperoleh bagian royalti dari penjualan handset Android tersebut.
Samsung sendiri diberitakan keberatan dengan permintaan royalti sebesar 15 dolar tersebut dan meminta penurunan pembayaran royalti menjadi 10 dolar. Jika dihitung dengan tingkat penjualan Samsung Galaxy S II yang mencapai 3 juta unit, maka Samsung harus membayar royalti sebesar 30-45 juta dolar kepada Microsoft. Belum lagi jika dihitung angka penjualan gadget Android dari Samsung lainnya seperti Galaxy S hingga Galaxy Tab. Sebagai perbandingan, HTC sebelum ini telah menandatangani kerjasama dengan Microsoft untuk membayar 5 dolar bagi setiap handset Android yang diproduksinya.

Apakah Microsoft memperoleh uang lebih banyak dari Android melalui royalti ini daripada penghasilan yang diperolehnya dari lisensi Windows Phone 7? Apakah Samsung akan berhenti memakai Android karena masalah-masalah ini?
Via GSMArena, Engadget

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read User's Comments0

3 Posting Populer