RSS

Sophos Terbitkan Antivirus untuk Mac

Meningkatnya jumlah pengguna Mac diperkirakan berpotensi menarik minat pembuat malware untuk menyerang platform bawaannya, Mac OS.
Terlebih lagi, pengguna Mac pada umumnya berasal dari kalangan ekonomi menengah ke atas. Wajar jika penjahat dunia maya kian tertarik menjadikan mereka sebagai sasaran empuk.
Hal ini tercium pula oleh sebagian konsumen Mac. Menurut survei yang dilakukan Sophos kepada 640 responden sepanjang bulan lalu, 95% di antaranya menyatakan kekhawatiran akan serangan malware  terhadap Mac pada masa mendatang.
Dalam upaya menepis perasaan was-was para pengguna Mac, Sophos baru-baru ini merilis antivirus spesial untuk Mac OS, bernama Sophos Antivirus Home Edition for Mac.
Didasarkan pada sistem keamanan yang telah dikembangkan terlebih dulu untuk Windows, aplikasi ini memiliki fungsi utama sebagai pelindung Mac dari berbagai jenis malware, meliputi trojan, virus, worm, dan spyware. Lebih penting lagi, Sophos menyediakan antivirus ini secara gratis, tanpa perlu mendaftar, dan tanpa batas lisensi.
Bermodal antivirus rumahan yang berstandar keamanan setara kelas industri, kami menargetkan bisa memproteksi pengguna Mac dari ancaman malware  Mac masa kini dan masa mendatang,” tukas Jim Dowling (Managing Director for Asia, Sophos) dalam keterangan persnya. 
 Beberapa macam serangan yang pernah terjadi pada Mac antara lain:
  • Situs yang disamarkan sebagai vendor software asli, padahal di dalamnya terdapat tautan untuk mengunduh kode berbahaya.
  • Malware tersembunyi pada peranti lunak bajakan yang disebarkan melalui jaringan P2P sharing.
  • Tautan video seronok yang mengharuskan pengguna mengunduh plugin tertentu, padahal sebetulnya berisi Mac Trojans.
  • Akun Twitter populer, seperti milik Guy Kawasaki (mantan evangelist Apple) yang dibajak/dipalsukan guna menyebarkan tautan berisi malware Mac.
  • Virus Windows yang disebarkan lewat memori eksternal atau flashdisk  yang pernah ditancapkan pada komputer Mac.
Pihak Apple sendiri sebenarnya sudah mengetahui ancaman malware terhadap sistem operasi buatannya. “Banyak orang tidak sadar, Apple menanamkan perlindungan menyeluruh dari beberapa Mac Trojans dalam Mac OS versi Snow Leopard,” ungkap Graham Cluuley (konsultan teknologi senior, Sophos).
Sophos Antivirus Home Edition for Mac dapat diunduh di alamat http://www.sophos.com/freemacav. Sophos juga menyediakan forum berbagi informasi tentang keamanan Mac di http://openforum.sophos.com/MacAv.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment

3 Posting Populer