RSS

Jeffrey Cole: Umur Facebook Tinggal 5 Tahun Lagi!

Jejaring sosial terbesar saat ini, Facebook, diprediksi bakal sepi peminat dalam lima tahun mendatang.
Hal tersebut diungkapkan oleh Jeffrey Cole, seorang ahli digital konsumen dalam sebuah forum pemasaran digital di Sydney, Australia.
Walaupun saat ini Facebook berhasil menyedot pengguna sebanyak setengah miliar dari seluruh penjuru dunia, namun hal tersebut akan berahir dalam 5 tahun ke depan. Demikian Cole membeberkan ramalannya.
Melalui Curiermail, Direktur World Internet Project ini menambahkan, meski belum lama ini Facebook meluncurkan layanan emailnya, namun prediksinya hal itu tetap tidak akan bertahan lama. Pasalnya, situs pertemanan garapan Mark Zuckerberg ini dinilai hanya mengacu pada selera remaja yang cenderung berubah-ubah.
Hal yang sama juga pernah terjadi pada MySpace. Kala itu Cole juga sudah memprediksi nasib MySpace 4 tahun sebelumnya. Namun menurutnya, masa ‘pensiun’ Facebook’ akan berlangsung lebih lama ketimbang MySpace maupun Bebo.
 “Hal yang sama juga akan terjadi dengan Facebook, hanya saja itu akan memakan waktu lebih lama,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Direktur Centre for the Digital Future di Universitas Southern Califormia, Amerika Serikat.
“Facebook memang tidak akan tergantikan oleh situs pertemanan lainnya, hanya saja para pengguna Facebook akan beralih ke situs pertemanan lainnya,” imbuh Cole.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read User's Comments0

Hybrid Cloud Computing Paling Diminati

Berdasarkan survei Springboard, para eksekutif bisnis dan TI di Asia Pasifik lebih tertarik mengadopsi hybrid cloud computing di perusahaannya.
Sebesar 38% dari 6593 responden berminat memasang kombinasi awan publik (public cloud) dan awan privat (private cloud), sementara 37% lainnya hanya menginginkan implementasi awan privat.
Hal ini mencerminkan sikap para responden yang belum seratus persen yakin untuk memanfaatkan awan publik dalam arsitektur TI mereka. Bahkan di Jepang – negara paling positif terhadap awan dalam survei yang disponsori VMware ini, ternyata hanya 15% responden yang mau menggunakan awan publik.
Sangat jelas bahwa industri memiliki ketertarikan tinggi terhadap model awan hibrida,” kata Andrew Dutton (SVP dan GM, VMware Jepang dan Asia Pasifik).
Bagi para eksekutif ini, perpindahan ke komputasi awan dipercaya bisa membantu perusahaan mencapai skalabilitas sesuai permintaan, mengurangi biaya infrastruktur peranti keras, serta menyederhanakan sumber daya. Namun, ada juga yang menganggap adopsi ini sebagai investasi strategis jangka panjang.
Bagaimana dengan tingkat adopsi? Rupanya, perusahaan di Asia Pasifik tergolong siap menyongsong komputasi awan. Sebanyak 59% di antaranya telah menggunakan atau berencana memakai inisiatif awan, bertumbuh dibandingkan enam bulan lalu (45%) dan tahun 2009 (22%).
Menurut Dutton, sebelum menuju komputasi awan, ada baiknya perusahaan menerapkan virtualisasi terlebih dahulu. “Virtualisasi memungkinkan organisasi memisahkan aplikasi bisnis dan informasi kritikal dengan peranti keras fisik. Hal ini menjadi cara yang efektif dan cepat menuju awan,” ungkapnya.
Sebagian besar perusahaan menggunakan virtualisasi untuk server dan pusat data. Tapi, peluang pertumbuhan terbesar bagi virtualisasi di Asia Pasifik adalah di area komputasi personal. Beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dari virtualisasi desktop contohnya fleksibilitas dalam pengantaran aplikasi dan data kepada pengguna akhir, tanpa tergantung jenis peranti akses.
Dengan menyediakan kemampuan swalayan berskala besar bagi para pengguna akhir, virtualisasi desktop adalah bagian terakhir untuk membuat perusahaan yang fleksibel, berskalabilitas tinggi, dan tanggap terhadap kebutuhan bisnis,” pungkas Dutton.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read User's Comments0

Microsoft Merazia Software Bajakan

Microsoft terus menggiatkan upaya perang terhadap software bajakan di Indonesia. Kali ini, mystery shopper jadi pilihan jalan.
Teknis pelaksanaannya mirip razia secara tersembunyi.
Perwakilan Microsoft menyamar menjadi calon pembeli PC dan berkunjung ke dealer komputer secara acak di pusat-pusat perdagangan komputer. Sejumlah investigator swasta yang didampingi teknisi-teknisi software lalu akan melakukan verifikasi terhadap komputer yang dijual dengan sofware asli dan berlisensi.
Jika ternyata ditemukan dealer yang menjual komputer baru yang mengandung software bajakan, investigator yang menyamar sebagai mystery shopper tersebut akan melayangkan surat peringatan (legal letter). Surat itu dapat menjadi rujukan polisi dan Tim Hukum Microsoft untuk mengambil tindakan hukum.
Kalau enggan berurusan dengan pihak berwajib, dealer komputer dengan software bajakan yang tertangkap diharapkan mau memublikasikan permohonan maaf kepada masyarakat melalui media massa. Sebagai bagian dari proses penyelesaian, mereka juga harus berjanji untuk menjual PC dengan hanya software asli dan membayar kompensasi untuk biaya hukum.
Inisiatif Microsoft diharapkan dapat memberi dukungan kepada dealer-dealer komputer jujur yang saat ini telah menjual komputer yang di-install dengan hanya software asli. Berdasarkan survei investigator di kota-kota seperti Jakarta, Bandung, Medan, Makassar, dan Surabaya, jumlah dealer-dealer jujur mencapai 60%.
"Inisiatif ini berkesan sangat keras. Namun, mohon pahami alasan kami harus melakukannya," ujar Jonathan Selvasegaram, Regional Attorney yang mewakili Tim Hukum Microsoft di Singapura.
Menurut Jonathan, tahun ini Microsoft menerima 369 keluhan dari konsumen. Mereka melaporkan masalah dengan komputernya yang dibenamkan software bajakan. Para dealer jujur yang selama ini selalu membenamkan software asli juga mengeluh bahwa mereka tidak bisa bersaing dengan dealer yang menjual software bajakan. Jika Microsoft tidak melakukan inisiatif, konsumen akan menanggung akibatnya serta dealer-dealer jujur pun terancam bangkrut.

Dalam mystery shopping di pertokoan Mangga Dua – Jakarta baru-baru ini, Microsoft menemukan 12 dealer jujur. Kedua belas dealer yang kemudian diberi penghargaan ini yaitu: Agung Jaya Computer, Aneka Inti Makmur, CBM Computer, Giga Persada, Imperial Computer, Infonet/Logikreasi Informatika, Jess, PC Pro, Quantum Computer, Revolution Computer/GPL, Rusmin Computer/Rus Com, dan Software Boutique.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read User's Comments0

Sophos Terbitkan Antivirus untuk Mac

Meningkatnya jumlah pengguna Mac diperkirakan berpotensi menarik minat pembuat malware untuk menyerang platform bawaannya, Mac OS.
Terlebih lagi, pengguna Mac pada umumnya berasal dari kalangan ekonomi menengah ke atas. Wajar jika penjahat dunia maya kian tertarik menjadikan mereka sebagai sasaran empuk.
Hal ini tercium pula oleh sebagian konsumen Mac. Menurut survei yang dilakukan Sophos kepada 640 responden sepanjang bulan lalu, 95% di antaranya menyatakan kekhawatiran akan serangan malware  terhadap Mac pada masa mendatang.
Dalam upaya menepis perasaan was-was para pengguna Mac, Sophos baru-baru ini merilis antivirus spesial untuk Mac OS, bernama Sophos Antivirus Home Edition for Mac.
Didasarkan pada sistem keamanan yang telah dikembangkan terlebih dulu untuk Windows, aplikasi ini memiliki fungsi utama sebagai pelindung Mac dari berbagai jenis malware, meliputi trojan, virus, worm, dan spyware. Lebih penting lagi, Sophos menyediakan antivirus ini secara gratis, tanpa perlu mendaftar, dan tanpa batas lisensi.
Bermodal antivirus rumahan yang berstandar keamanan setara kelas industri, kami menargetkan bisa memproteksi pengguna Mac dari ancaman malware  Mac masa kini dan masa mendatang,” tukas Jim Dowling (Managing Director for Asia, Sophos) dalam keterangan persnya. 
 Beberapa macam serangan yang pernah terjadi pada Mac antara lain:
  • Situs yang disamarkan sebagai vendor software asli, padahal di dalamnya terdapat tautan untuk mengunduh kode berbahaya.
  • Malware tersembunyi pada peranti lunak bajakan yang disebarkan melalui jaringan P2P sharing.
  • Tautan video seronok yang mengharuskan pengguna mengunduh plugin tertentu, padahal sebetulnya berisi Mac Trojans.
  • Akun Twitter populer, seperti milik Guy Kawasaki (mantan evangelist Apple) yang dibajak/dipalsukan guna menyebarkan tautan berisi malware Mac.
  • Virus Windows yang disebarkan lewat memori eksternal atau flashdisk  yang pernah ditancapkan pada komputer Mac.
Pihak Apple sendiri sebenarnya sudah mengetahui ancaman malware terhadap sistem operasi buatannya. “Banyak orang tidak sadar, Apple menanamkan perlindungan menyeluruh dari beberapa Mac Trojans dalam Mac OS versi Snow Leopard,” ungkap Graham Cluuley (konsultan teknologi senior, Sophos).
Sophos Antivirus Home Edition for Mac dapat diunduh di alamat http://www.sophos.com/freemacav. Sophos juga menyediakan forum berbagi informasi tentang keamanan Mac di http://openforum.sophos.com/MacAv.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read User's Comments0

Antivirus Avira Resmi Masuk Indonesia

Pernah dengar atau memakai antivirus Avira? Ya, Avira yang berlogokan payung tersebut memang cukup populer dengan antivirus versi gratisnya di Indonesia.

Jika selama ini Anda hanya bisa mendapatkannya dari Internet maka di kuartal keempat 2010 ini Avira sudah bisa didapatkan pula di beberapa toko komputer karena mulai November tahun ini Avira resmi masuk ke pasar tanah air.

Setelah Norton, Kaspersky, PCTools, dan sejenisnya, kini giliran Avira merangsek pasar antivirus Indonesia dengan menawarkan AntiVir Premium dan Premium Security Suite. Untuk seri Personal sendiri bersifat gratis dan kategori ini memang memiliki pengguna yang sangat banyak di Indonesia, sekitar 3,7 juta user.

Berbekal jumlah penggemar yang banyak inilah Avira hadir di Indonesia dengan menunjuk PT Eternal Asia sebagai distributor resmi.
Avira sendiri merupakan antivirus yang cukup ampuh mengenali banyak ancaman di Internet sekaligus melakukan perlindungan di sistem komputer. Tercatat tidak kurang hingga 25 ribu virus terbaru (update) setiap minggunya sehingga Avira termasuk sebagai antivirus yang memiliki bank data virus besar di dunia. Review antivirus ini pernah kami tampilkan di majalah InfoKomputer edisi September 2010 lalu.

Dalam peremian kehadiran Avira di Indonesia ini pihak Eternal Asia menawarkan paket 2-in-1 yang meliputi antivirus Avira Premium Security Suite versi 10 dan software TuneUp Utilities yang berguna untuk memperbaiki dan mempercepat kinerja komputer agar bekerja lebih maksimal.

Paket duo Avira Premium + TuneUp Utilities 2010 ini akan ditawarkan dengan lisensi untuk 3 pengguna dengan harga Rp 120.000, sangat ekonomis untuk kelas antivirus di tanah air.

Informasi lebih lengkap bisa berkunjung ke situs Avira (www.avira.com) atau Eternal Asia (www.eternal-asia.co.id).

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read User's Comments0

Empat Miliar Orang Gunakan Jaringan GSM

Lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia—setara dengan 25 persen pengguna GSM di seluruh dunia—menggunakan akses jaringan GSM Huawei.
Angka ini sekaligus menjelaskan bahwa terdapat lebih dari empat miliar pengguna jaringan GSM secara keseluruhan. 
Hal ini sekaligus menjadi tonggak bersejarah bagi kesuksesan jaringan GSM yang dibangun oleh Huawei untuk MTN (Group Limited /MTN Group)  Nigeria—sebuah perusahaan telekomunikasi multinasional yang menawarkan akses jaringan selular serta bisnis solusi. Saat ini, GSM telah menjadi standar jaringan selular yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.
Huawei kini telah berinvestasi secara substansial untuk solusi GSM dan menetapkan tingkat data jaringan 2G sebesar 564 Kb/s dengan menggunakan teknologi EDGE+. Alhasil, solusi GSM Huawei menjadi pilihan oleh hampir semua operator utama GSM di seluruh dunia. Sejak kuartal kedua tahun 2009, pengiriman produk GSM Huawei telah menjadi peringkat nomor satu di dunia, menurut sebuah perusahaan riset Dell’Oro.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read User's Comments0

FourSquare Melampaui 1 Juta Check In Sehari

Wah FourSquare social network unik yang menggunakan fitur lokasi sebagai andalan telah melampaui 1 juta kali check in dalam sehari. Baru saja FourSquare mendapatkan suntikan dana baru 20 juta USD dan kali ini FourSquare telah membuat berita baru.



Dengan ini, FourSquare telah mencapai momentum bersejarah yang juga menunjukkan prospek layanan ini di masa depan yang tentu akan terus berkembang. Bagi Anda yang belum tahu “check in”, ini adalah istilah tentang aktivitas menggunakan FourSquare untuk meberitahukan di mana kita berada. Selain itu dengan FourSquare ini kita bisa merekmoendasikan tempat dan kegiatan untuk dilakukan pada teman-teman kita. Orang-orang seringkali melakukan check-in di tempat-tempat seperti cafe, restoran, bar, rumah, kantor, dsb.

Nah buat Anda yang belum tahu FourSquare, bisa ke www.foursquare.com atau cari kemudian download aplikasi FourSquare di Android Market atau iPhone AppStore Anda.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read User's Comments0

Google Me Situs Social Network baru Untuk Menantang Facebook

Google Me merupakan suatu proyek dari Google untuk membuat suatu situs social network baru yang direncanakan mampu menyaingi bahkan mengalahkan Facebook. Memang saat ini Facebook bisa menjadi ancaman baru yang kuat karena jumlah visitor dan  lamanya pengunjung dalam menggunakan Facebook yang lama-lama menjadikan Google kuatir. Sebelumnya Google sudah menambahkan fitur social network yang terintegrasi dengan Gmail yaitu Google Buzz tapi dirasakan kurang berhasil dan Orkut situs social network yang dibeli Google  tidak bisa meluaskan jaringannya ke seluruh dunia dan hanya laku di negara tertentu saja. Selain itu ada juga proyek Google Wave yang juga belum berhasil mengalahkan Facebook.

Ada dua sumber yang menjadi pemicu berita Google Me ini yaitu dari Kevin Rose si pemilik Digg.com yang mentweet bahwa dia mendapatkan info dari sumber terpercaya bahwa Google sedang membangun proyek Google Me dan juga yang terbaru dari Adam D’Angelo mantan CTO ( pemimpin bagian teknologi) Facebook dan sekarang menjadi pendiri Quora yaitu layanan question and answer yang terintegrasi dengan Facebook.
Adam D’Angelo menjawab pertanyaan “Apakah ‘Google Me’ suatu rumor?” dan ternyata dia juga menjawab bahwa hal itu bukan rumor dan merupakan proyek yang real bahkan menjadi proyek yang memiliki prioritas tinggi dan melibatkan banyak orang Google.
Saat ini Google Me belum diluncurkan ke publik dan masih menjadi proyek internal Google. Jadi kapan Google Me diluncurkan belum diketahui, dan apakah benar Google Me akan menjadi Facebook killer? Kita tunggu saja kiprahnya..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read User's Comments0

Android 4.0 Namanya Ice Cream

Meskipun Android 3.0 masih belum diumumkan, presiden ARM  Tudor Brown mengungkapkan  detail awal Android 4.0 dalam wawancara yang diterbitkan Jumat malam. OS Android mendatang akan diberi nama kode Ice Cream dan akan mengikuti setelah 3.0, yang dikenal sebagai Gingerbread, serta rilis interim yang dikenal sebagai Honeycomb. Google selalu memberi nama rilis Android dengan nama makanan penutup/dessert.

Pencipta mobile OS Android telah menolak untuk komentar di luar versi Gingerbread dan Honeycomb, tapi Forbes mencatat bahwa Brown pasti memiliki akses istimewa dengan roadmap Google jangka panjang. Dia akan perlu mengetahui fitur Google yang ingin diterapkan dan apa yang akan perlu didukung prosesor mereka. Tidak ada fitur Ice Cream’s yang telah diumumkan sejauh ini.
Jadwal peluncuran pasti belum pernah diberikan, tetapi rilis Gingerbread akan siap sebelum akhir musim gugur, sementara Honeycomb akan datang lebih awal ke 2011. Waktu rilis ini dapat menempatkan versi 4.0 pada pertengahan 2011, meskipun perusahaan melakukan rilis utama biasanya  di dekat akhir tahun.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read User's Comments0

AMD Phenom II X6 1090T

Apa prosesor tercepat saat ini? Mungkin ingatan Anda akan langsung tertuju pada Intel Core i7 980X, Memang benar demikian. Tapi berapa banyak dari Anda yang rela merogoh kocek cukup dalam untuk memilikinya? Pertanyaan seperti ini sering kali mengemuka manakala muncul keinginan untuk memiliki produk "gres" dengan segala kecanggihannya. Kata orang, ada rupa ada harga. Tapi bagi AMD, rupa (baca kinerja) yang baik, tidak selalu berbanding lurus dengan harga yang tinggi.
Sejak era Phenom generasi pertama, AMD memulai tren baru. Mereka menawarkan prosesor berinti lebih banyak ketimbang saingannya pada satu titik harga pasar. Pendekatan pasar yang cukup efektif ini sepertinya membuat AMD “ketagihan”. Ketika prosesor hexa-core milik Intel diluncurkan, kita tahu bahwa pilihan alternatif dari AMD juga akan segera keluar. Tentunya produk AMD ini akan lebih murah dibandingkan produk Intel, mengingat track-record AMD sebelumnya.

AMD Phenom II X6 diluncurkan untuk menjawab permintaan pasar dan fansnya. Kemunculan ini sekaligus memanaskan kembali persaingan dengan rivalnya yang sudah terlebih dahulu meluncurkan prosesor berinti enam. Bersamaan dengan peluncuran perdana dua varian Phenom II X6 (1055T dan 1090T), AMD juga mengenalkan chipset baru yakni 890GX/FX untuk menemani Phenom II X6 ini. Kombinasi antara Phenom II X6, 890GX/FX serta Radeon HD seri 5000 menghasilkan platform baru yang disebut “Leo”.
Walaupun Phenom II X6 1090T memiliki jumlah inti sebanyak enam buah, teknologi yang digunakan pada inti prosesornya tersebut tidak banyak berbeda dengan keluarga Phenom II sebelumnya. Pasalnya, chip ini masih menggunakan arsitektur yang sama. Jadi pada dasarnya, AMD hanya memampatkan enam buah inti tersebut ke dalam "cangkang" yang sama dengan Phenom II X4. Kesamaan teknologi ini juga termasuk TDP-nya yang sama dengan pemilik tahta tercepat Phenom II X4 (sebesar 125 W). Namun pemilik nama kode (code name) “Thuban” ini tetap hadir dengan sesuatu yang baru.
Salah satu teknologi ini antara lain adalah AMD TurboCore. Ini merupakan sebuah teknologi untuk meningkatkan kecepatan prosesor dalam kondisi tertentu yang ditanamkan ke dalam Phenom II X6. Teknologi ini mirip dengan Turbo Boost milik Intel, hanya saja implementasinya berbeda. AMD TurboCore ini bekerja saat tiga atau lebih inti prosesornya tidak digunakan. Ketika TurboCore ini aktif, inti prosesor yang aktif mendapatkan kecepatan ekstra sebesar hingga 500 MHz, sedangkan kecepatan inti prosesor lainnya yang idle diturunkan sampai 800 MHz. TurboCore ini bekerja secara otomatis asalkan syarat tersebut dipenuhi.
AMD Phenom II X6 1090T diposisikan oleh AMD untuk menggantikan Phenom II X4 965 yang sebelumnya merupakan prosesor tercepat milik AMD. Dengan kecepatan yang lebih rendah 200 MHz, berbekal dua inti ekstra serta TurboCore, Phenom II X6 1090T lebih unggul dari Phenom II X4, membuatnya tidak kehabisan amunisi ketika harus beraksi di lapangan. Sementara itu, spesifikasi teknis lainnya tidak berbeda, dengan 3 MB L2 cache (dengan ukuran inti/core sebesar 512 KB) dan 6 MB L3 Cache yang di-share ke enam intinya.
Tak lengkap rasanya jika tidak mencoba seberapa jauh kemampuan Phenom II X6 1090T untuk berjalan pada kecepatan di atas standar. Prosesor yang termasuk dalam varian Black Edition ini berhasil mencapai kecepatan 3,7 GHz (18,5x200 MHz) dari standarnya 3,2 GHz dengan pendingin bawaan tanpa menaikkan tegangan prosesor. Dalam melakukan overclock ini kami menonaktifkan TurboCore serta Cool N’ Quiet. AMD Phenom II X6 mungkin belum bisa bersaing langsung dengan Core i7 980X milik Intel, namun kinerjanya juga tidak bisa dianggap remeh. Untuk aplikasi yang mampu memanfaatkan penuh banyaknya jumlah inti prosesor, Phenom II X6 mampu menunjukkan taringnya. Teknologi TurboCore yang ada membantu Phenom II X6 untuk menjalankan aplikasi-aplikasi ringan (yang belum sepenuhnya mampu memanfaatkan semua inti prosesor). Ini ibarat mendapatkan sebuah prosesor hexa-core dengan harga prosesor quad-core. tawaran yang menarik...bukan??

Hasil Pengujian

Intel Core i7 980X masih unggul di seluruh hasil pengujian. Namun selisih kinerja antara Phenom II X6 dengan Core i7 980X tidaklah terlalu banyak pada sebagian besar aplikasi uji. Harus diingat juga bahwa harga Core i7 980X adalah hampir tiga kali harga Phenom II X6.
 
Prosesor
Core i7 980X
Phenom II X6 1090T
Clock (MHz)
3,33 GHz
3,2 GHz
Sysmark 2007 ver1.05
197
155
PCMarkVantage Score
6206
5160
3DMarkVantage Score
P11011
P9927
STALKER : Clear Sky (fps)
72,88
69,79
Cinebench R10 CB-CPU
22487
14435
Sisoft Sandra ALU (GIPS)
133.17
59,79
Audio Encoding (menit:detik)*
1:14
1:36
Video Encoding (menit:detik)*
3:54
4:19
*Lebih rendah lebih baik

Spesifikasi AMD Phenom II X6 1090T

Seri
X6 1090T
Soket
AM3 (938 pin)
Clock speed (MHz)
3200(3600 – Turbo)
Nama core
Thuban
Jumlah core
6
FSB (MHz)
200
Multiplier
16x
L1 size
128 KB x6
L2 size
512 KB x6
L3 size
6 MB Shared
Harga kisaran
US$299

Platform Uji :Asus Crosshair IV Formula BIOS 0801
Kingston DDR3-1066 1GB (Auto) x 4
Asus Radeon HD 4870 512MB
Seagate 7200.11 320GB SATA
Samsung DVD 16x
SilverStone OP700
LG L226WTQ
BIOS 24 Februari 2010
Windows Vista Ultimate SP2 32-bit
AMD Catalyst 10.4 South Bridge
DirectX Agustus 2009
AMD Catalyst 9.9
VIA HD CODEC Driver 7.300A

Plus
     : Enam core; teknologi TurboCore; harga lebih kompetitif.
Minus : Masih menggunakan arsitektur lama.
Skor Penilaian
Kinerja           : 4
Feature          : 4
Harga              : 3,5
Skor Total       : 3,8

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read User's Comments0

Chipset AMD 880G




Agar dapat memanfaatkan prosesor teranyar AMD 6-core dengan kode Thuban secara lebih optimal, AMD menghadirkan varian chipset pendukungnya. Salah satunya yaitu chipset AMD seri 8xx. Setelah sebelumnya membahas chipset AMD890GX, kali ini giliran varian seri AMD8xx yaitu AMD880G yang kami tampilkan. Apa perbedaan chipset AMD890GX dengan AMD880G ini? Perbedaan yang ada ternyata sangat sedikit. Yang paling mencolok yaitu tidak disertakannya dukungan terhadap modus CrossFireX. AMD880G tanpa kode X memang menandakan absennya feature CrossFireX. Ini disebabkan karena referensi AMD sendiri menyebutkan chipset ini hanya menggunakan satu slot PCI Express x16.
Sebaliknya, kode “G” menandakan dukungan chipset ini akan grafis onboard yang kali ini menggunakan chip ATi Radeon HD 4250 (dengan core clock 560 MHz). Ini berbeda sedikit dengan chipset AMD890GX yang mengintegrasikan grafis onboard Radeon HD 4290 dengan core clock 700 MHz. Meskipun demikian, modus hybrid-CrossFireX tetap bisa dilakukan bermodalkan grafis onboard yang didampingi kartu grafis mandiri seri Radeon HD 3450.



Namun demikian beberapa produsen memodifikasi sendiri motherboard-nya agar mendukung CrossFireX meski slot kedua hanya menggunakan bandwith x4. Dan jika “memaksakan” mengaktifkan modus CrossFireX, modus ini akan berjalan pada bandwith x16 dan x4. Ini sebenarnya kurang optimal karena kartu x16 akan berjalan mengikuti bandwith kedua yang lebih rendah. Ini tidak sama dengan chipset AMD890GX yang sudah mendukung CrossFireX sepenuhnya sehingga bekerja optimal dengan bandwith x8x8. 
Dan karena masih menyasar pengguna multimedia, feature lainnya masih sama dengan seri AMD8xx lainnya. Ini termasuk dukungan terhadap blu-ray pada resolusi 1080p serta port keluaran yang mendukung D-Sub, DVI, HDMI, dan Display Port.
Mirip dengan yang ber-chipset AMD890GX, beberapa motherboard menyertakan feature unlocking-CPU. Feature ini sebenarnya merupakan “trik” dari produsen untuk mengoptimalkan jumlah core agar tampil maksimal. Hal ini disebabkan chipset tersebut tidak lagi menggunakan teknologi ACC (Advanced Clock Calibration) yang biasa digunakan untuk membuka core pada prosesor AMD.
Kali ini chipset AMD880G menggunakan dua pilihan southbridge yaitu SB850 atau SB710. Mengapa bisa begitu? Sebenarnya, pasangan untuk chipset AMD880G sesuai referensi AMD adalah SB710. Namun seperti yang disebut tadi, ada beberapa produsen yang “tidak mengikuti” referensi dari AMD, sehingga menggunakan chipset SB850. Biasanya, motherboard yang menggunakan spesifikasi yang lebih mewah juga menyertakan chipset SB850. Produk ini memiliki feature unggulan yaitu port SATA3. Sementara chipset SB710 dihadirkan pada motherboard dengan feature yang lebih sederhana.

                                                            ***
Jadi sebenarnya apa yang ditawarkan AMD880G memang bukan hal yang baru, yakni hanya berupa pengurangan feature yang sudah ada. Meskipun demikian, produk ini tetap dimaksudkan sebagai pengisi segmen multimedia definisi tinggi yang terjangkau dan ekonomis. Meskipun tampil lebih minimalis dengan harga lebih terjangkau, apa yang dihadirkan produk ini tetap layak untuk mendukung teknologi/prosesor AMD terkini.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read User's Comments0

Intel Core i5 655K


Memuaskan Overclocker Ditujukan untuk para penggemar overclock, saudara kembar dari Core i5 650 ini memiliki faktor pengali yang bebas diubah-ubah.
Bagi sebagian pengguna PC, melakukan overclock (menjalankan komponen di atas spesifikasi standar) mampu memberikan kepuasan tersendiri bagi mereka. Intel sebagai salah satu produsen prosesor terbesar melihat pasar ini cukup potensial sehingga mereka merilis prosesornya yang dikhususkan untuk penggemar overclocking.
Apa bedanya prosesor biasa dengan prosesor yang dikhususkan untuk overclock?
Prosesor semacam ini biasanya memiliki faktor pengali prosesor (multiplier) yang tidak dikunci. Dengan demikian pengguna bebas mengatur multiplier-nya untuk mencapai kecepatan prosesor yang lebih tinggi. Overclock semacam ini termasuk mudah, karena pengguna hanya perlu “bermain-main” dengan setting prosesor tanpa harus repot dengan setting motherboard dan lainnya.
Untuk prosesor masa kini, yang cukup terkenal dengan prosesor dengan multiplier tidak dikunci adalah jajaran prosesor Black Edition milik AMD. Sementara untuk Intel, Feature ini hanya terdapat pada prosesor yang termasuk dalam Extreme Edition yang termasuk prosesor kelas atas. Oleh karena itu, sekarang Intel meluncurkan prosesor dengan fitur serupa tapi menyasar segmen menengah alias mainstream.
Intel Core i5 655K sebenarnya bukanlah prosesor yang benar-benar baru. Secara teknis, spesifikasi Core i5 655K sama dengan Core i5 650: dua inti dengan kecepatan 3,2Ghz, L3-cache 4MB, dan dibekali feature Hyper-Threading dan Turbo Boost. Hanya saja pada Core i5 655K faktor pengali prosesor tidak dikunci.
Untuk menguji kemampuannya, kami pun segera mencoba melakukan overclock Intel Core i5 655K. Kami melakukan dua kali proses overclock dengan menggunakan dua pendingin yang berbeda. Tujuannya untuk memastikan kemampuan kemampuan maksimal prosesor ini. Uji pertama menggunakan HSF standar Intel yang termasuk dalam pake penjualan Core i5 655K. Sementara uji kedua menggunakan HSF khusus untuk kegiatan overclocking dengan desain tower serta dilengkapi heat-pipe.
Pada uji pertama menggunakan HSF standar bawaan Intel, kami berhasil memaksa 655K berjalan dengan kecepatan 4 Ghz. Namun kami terpaksa berhenti di situ, karena pada titik ini temperatur menunjukkan angka yang cukup tinggi. Bahkan ketika kami menyentuh bagian aluminium dari pendingin, panas yang terasa cukup menyengat.
Kemudian kami mengganti HSF dengan produk pihak ketiga yang memang ditujukan untuk overclock. Penggantian HSF ini berefek cukup baik, karena selain suhunya turun kami berhasil menaikkan kecepatan prosesor maksimum menjadi 4.4 Ghz. Cukup menarik. Di sini terlihat bahwa peralatan pendingin yang digunakan merupakan kunci utama dalam melakukan overclock Core i5 655K.

***
Dengan multiplier yang tidak dikunci ini, proses overclock lebih mudah karena pengguna tinggal menaikkan multiplier tersebut. Hanya saja faktor suhu kerja prosesor harus menjadi perhatian utama, karena jika bisa ditekan maka maka kecepatan overclock yang diraih bisa semakin tinggi. Berbekal pendingin standar peningkatan kinerja yang dicapai cukup baik, tapi lebih baik lagi menggunakan pendingin pihak ketiga jika Anda memang ingin memaksimalkan kinerja dari prosesor ini.(Karuna)  


Spesifikasi Intel Core i5 655K

Seri
Core i5 655K
Soket
1156
Clock speed (MHz)
3200
Nama core
Clarkdale
Jumlah core
2
FSB (MHz)
133
Multiplier
24(Unlocked)
L1 size
64KB x2
L2 size
256KB x2
L3 size
4MB Shared
 Harga kisaran
US$216

Kecepatan maksimal yang berhasil dicapai pada uji Overclock di Lab InfoKomputer.

Plus                   : Multiplier tidak dikunci.
Minus               : Lebih mahal dari prosesor dengan speksifikasi yang sama
Skor Penilaian
- Kinerja            : 4
- Fitur                : 4
- Harga              : 3,7
- Skor Total       : 3,9

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read User's Comments0

Office for Mac 2011 Dirilis di Indonesia

Akrab dengan Microsoft Office, tapi lingkungan mengharuskan Anda bekerja dengan Mac? Pasang saja Office for Mac 2011.
Seri terbaru dari Office for Mac ini menawarkan aplikasi-aplikasi serta serangkaian feature Microsoft Office yang selama ini paling banyak dikenal oleh pengguna komputer.
Walhasil, mereka dapat bekerja dan mewujudkan ide-ide di Mac melalui dokumen Office berpenampilan profesional yang bersifat lintas platform. Jadi, tak perlu lagi membiasakan diri dengan aplikasi produktivitas bawaan Apple, yaitu iWork.
Apa saja yang terdapat dalam paket Office for Mac 2011? Dalam seri ini, Microsoft menyediakan Word untuk Mac, PowerPoint untuk Mac, Excel untuk Mac, Messenger untuk Mac, dan melakukan debutnya, Outlook untuk Mac. Lima program sekaligus dalam satu kemasan. Berbeda dengan iWork yang hanya mencakup tiga aplikasi (dokumen, spreadsheet, dan presentasi) plus e-mail client terpisah.
Beberapa feature unggulan pada aplikasi-aplikasi Office for Mac 2011 antara lain:
  • The new ribbon menciptakan pengalaman intuitif bagi pengguna Mac
  • Template Galleries memberikan kemudahan untuk mengakses berbagai jenis template online maupun custom template
  • Sparklines secara visual merangkum data dengan menggunakan grafik yang sangat kecil (pada Excel)
  • Dynamic Reorder membantu menyederhanakan rancangan yang rumit dan memajang tampilan instan dan 3-D (pada PowerPoint)
 
Mulai hadir di Indonesia hari ini (2/11), Office for Mac 2011 dipasarkan dalam dua edisi, yakni:
Edisi Home and Student
  • Mencakup Word untuk Mac, PowerPoint untuk Mac, Excel untuk Mac, dan Messenger untuk Mac
  • Harga ritel yang disarankan: $179 (1 lisensi), $209 (3 lisensi Paket Keluarga)
Edisi Home and Business
  • Mencakup Word untuk Mac, PowerPoint untuk Mac, Excel untuk Mac, Messenger untuk Mac, dan Outlook untuk Mac
  • Harga ritel yang disarankan: $269 (1 lisensi), $349 (2 lisensi multi kemasan)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read User's Comments0

Backup Data Penting Agar Tak Pusing

Bagi pekerja mobile, notebook, dan netbook adalah teman setia. Bekerja di mana saja dan di mana saja dapat dilakukan berkat keduanya. 
Dokumen penting, proyek-proyek pekerjaan, semua tersimpan di dalamnya. Intinya, banyak hal penting di pekerjaan dan karir Anda ada di perangkat tersebut.
Namun, menggunakan notebook tidak selamanya menyenangkan dan mudah. Kadang-kadang kita harus menghadapi banyak kendala tak terduga dalam menggunakannya. Bisa saja di tengah-tengah pekerjaan, notebook hang enggan merespon. Data pun tak dapat diakses.
Belum lagi ancaman lain seperti ancaman kriminal. Saat di kafe atau foodcourt mengobrol dengan teman, tiba-tiba notebook Anda sudah raib dicuri orang.  Datangnya musibah tentu tidak dapat diduga siapa saja. Mungkin bukan perangkatnya yang sangat disayangkan telah hilang. Lebih penting lagi adalah data di dalamnya. Bisa jadi data keuangan perusahaan, dokumen-dokumen proyek pekerjaan yang sedang dikerjakan, atau aneka data pribadi turut hilang
Mencegah lebih baik daripada mengobati. Mungkin hal ini dapat dijadikan panduan untuk mengelola data-data penting di notebook Anda. Salah satu pencegahan adalah dengan rajin mencadangkan (mem-backup) data Anda.
Harus membawa hard disk portabel berkapasitas tambun ke mana saja sebagai pencadang data? Boleh saja. Namun ada cara lain yang lebih ringkas, efektif, dan mudah dilakukan untuk melakukan backup data tersebut, yaitu menggunakan online backup.

Memanfaatkan Online Backup Gratis
Pemilik notebook biasanya tenang-tenang saja karena mengira hard disk notebook selalu stabil.  Komputer, seperti benda lain di dunia ini, sudah pasti akan mengalami kerusakan suatu saat nanti. Misalnya, sistem operasi bisa tiba-tiba menjadi lumpuh dan terserang virus tanpa ada peringatan sebelumnya.
Dengan tersebarnya akses internet di mana-mana melalui Wi-Fi dan mobile broadband, khususnya di daerah kota besar, penyimpanan data online (online storage) menawarkan cara untuk menjaga data Anda tetap aman di mana pun Anda berada.
Situs penyimpanan data online (online backup) merupakan solusi ideal bagi pengguna notebook yang sibuk. Layanan online backup ini mirip seperti layanan file hosting – Rapidshare, 4Shared, dan sejenisnya – namun diperuntukkan untuk mem-backup data di sebuah komputer secara otomatis (ketika perangkat tersambung ke internet).
Banyak layanan online backup yang Anda dapat manfaatkan. Sebut saja situs seperti Mozy.com yang akan menyimpan file penting dan bekerja di belakang layar ketika Anda terkoneksi dengan internet. Ada pula layanan Carbonite, yang dilengkapi dengan pengingat (reminder) untuk menyimpan data secara online.
Selain kedua layanan tadi, masih banyak lagi pilihan lain. Yang diutamakan di sini tentu saja yang gratis dan menyediakan kapasitas besar. Pilihan pertama adalah Windows Live SkyDrive yang beralamat di www.skydrive.live.com. Layanan yang menyediakan kapasitas ruang simpan gratis hingga 25 GB ini dapat digunakan setelah Anda meregistrasi diri.
Ya, hampir semua layanan jenis ini membutuhkan registrasi, akun, dan password untuk login, layaknya e-mail atau akun jejaring sosial. Untuk melakukan backup dan lalu terkoneksi dengan akun di layanan  Windows Live Skydrive, Anda dapat menggunakan aplikasi SkyDrive Explorer (tersedia di http://skydriveexplorer.com). Layanan ini dapat digunakan untuk mencadangkan file multimedia dan dokumen.
Layanan lain adalah IDrive (www.idrive.com). Layanan online backup ini menyediakan kapasitas data gratis sebanyak 2 GB. Setelah membuat akun gratis dan mempromosikan IDrive ke sejumlah kontak, Anda akan mendapatkan tambahan kapasitas hingga 10 GB.
Layanan ini menyediakan kontrol akun Anda lewat sebuah desktop client yang juga menjadi pluginuntuk Windows Explorer, sehingga mengakses file secara online melalui desktop menjadi lebih mudah. Jika ingin mengelola data cadangan melalui browser saja, gunakan layanan ADrivedi www.adrive.com. Layanan ini menyediakan desktop client namun bersifat trial. Kapasitas gratisnya hingga 50 GB.
Pilihan menarik lainnya adalah Mozy. Layanan beralamat di http://www.mozy.com ini menyediakan desktop client juga untuk kemudahan pengelolaan. Kapasitas gratis yang diberikannya sebesar 2 GB.
Alternatif lainnya adalah Humyo (www.humyo.com) yang menyediakan kapasitas pencadangan gratis sebesar 10 GB, masing-masing 5 GB untuk dokumen dan 5 GB untuk aneka file multimedia. Aplikasi desktop client-nya tersedia namun hanya berlaku secara trial. Namun Anda tetap bisa mencadangkan data via browser.
Ada pula OpenDrive (www.opendrive.com) yang menyediakan kapasitas backup gratis sebesar 5 GB. Desktop client tersedia untuk mengunggah data maksimal 50 MB per harinya. 
Beberapa pilihan lain yang dapat Anda coba juga adalah DropBox (www.getdropbox.com) yang menyediakan kapasitas 2 GB gratis untuk melakukan pencadangan dan sharing data.
Aplikasi desktop client-nya mengubah akun DropBox Anda menjadi folder di Windows Explorer. Dengan cara ini Anda tinggal men-drag-and-drop data ke folder tersebut untuk mencadangkan data secara online.
Anda bisa juga memanfaatkan MyOtherDrive (www.myotherdrive.com) dengan kapasitas gratis 2 GB dan Syncplicity (www.syncplicity.com) yang menyediakan kapasitas hingga 5 GB. Keduanya menyediakan aplikasi desktop client untuk mengontrol data backup.
Jika masih ingin sejumlah pilihan lagi, coba kunjungi www.fbackup.com, www.allwaysync.com, atau www.buddybackup.com. Semua layanan tersebut juga dapat digunakan untuk melakukan online backup.
Memilih mana yang pas untuk Anda tentu tergantung kebutuhan Anda sendiri. Pilih saja yang paling mudah cara pakainya atau kapasitasnya cukup besar. Jika Anda hanya ingin menyimpan data dokumen yang biasanya berukuran kecil, tentu kapasitas 2 GB hingga 5 GB sudah mencukupi. Kecuali Anda ingin mencadangkan semua isi PC.
Untuk menggunakannya, jangan lupa untuk membuat akun. Biasanya diperlukan data nama, alamat e-mail, dan username untuk melakukan registrasi. Kebanyakan layanan online backup tersebut menyediakan versi pro selain yang gratis. Tentu untuk yang ini Anda harus merogoh kocek agar bisa memperoleh kapasitas simpan tanpa batas.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read User's Comments0

Telkom Cari Masukan Untuk IPTV

Mau coba TV masa depan? Tengok demo IPTV di Indocomtech. Adalah PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) sebagai salah satu penyelenggara yang tengah bersiap-siap meluncurkan layanan IPTV di Indonesia.
Gelaran Indocomtech dijadikan ajang memperkenalkan sekaligus mencari masukan bagi layanan IPTV-nya.  
Layanan TV berbasis internet ini bakal menjadi primadona baru sekaligus pesaing layanan TV berlangganan yang sudah ada. IPTV memanfaatkan teknologi internet untuk menghantarkan berbagai layanan dalam bentuk video, audio, maupun teks. Teknologi IPTV tidak mengharuskan Telkom membangun jaringan baru karena bisa berjalan pada jaringan kabel telepon yang sudah tersambung ke rumah-rumah.


Untuk bisa menikmati layanan IPTV, pelanggan harus memiliki layar dengan teknologi High Definition, sambungan telepon, dan set top box yang berfungsi sebagai decoder. Apa kelebihannya dibanding TV lainnya? Pengguna bisa merekam atau menghentikan tayangan saat sedang disiarkan. Selain TV on demand, IPTV Telkom juga akan menyediakan Video on demand. Selain bisa menikmati film-film box office, pelanggan juga bisa memesan film dari penyelenggara.

Karena berjalan di atas jaringan IP, layanan ini juga bisa digunakan untuk aktivitas lainnya yang berbasis IP, seperti internetan dan mendengarkan radio. Ketika kami tanya kapan kira-kira Telkom akan meluncurkan IPTV-nya secara resmi, pihak Telkom yang kami temui di Indocomtech belum bisa memastikan tapi akan secepatnya merealisasikan layanan yang juga dikenal dengan istilah triple-play ini. Ajang seperti Indocomtech dimanfaatkan Telkom untuk mencari masukan sebanyak-banyaknya dari pengunjung, agar layanan IPTV Telkom bisa tampil sesuai keinginan dan kebutuhan pelanggan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read User's Comments0

Hercules'new DJ Console 4-Mx untuk DJ Pro



Memperkenalkan Hercules DJ Console 4-Mx, versi terbaru dari mereka garis Console DJ, yang dilengkapi dengan touch-sensitive besar, jog wheel, built-in interface audio dan kontrol intuitif lebih dari 2 dan 4 deck virtual. Yang cocok untuk mobile DJ Console 4-Mx memiliki tubuh baja dan aluminium dibuat dengan dimensi 15,75 "x 9,8" dan 3 bagian yang jelas berbeda mereproduksi satu set 3 perangkat pencampuran yang terpisah: 2 deck dan 1 mixing console, dibedakan dengan warna (abu-abu / hitam), merasa (disikat / dipernis) dan material (aluminium / baja). Konsol menyediakan ruang cukup untuk berbagai kontrol, termasuk 89 kontrol dalam mode 2-dek dan 150 kontrol dalam mode 4-dek. Dua roda jog besar (4,7-inci dengan diameter ¾ inci x tinggi) telah dirancang untuk menggaruk dengan dimensi mirip dengan CD player.


Deteksi Roda's Sensor menampilkan sebuah teknologi yang terintegrasi yang mendeteksi berat tangan pengguna di puncak roda jog dan yang menyebabkan mereka menekan dengan kurang dari 1mm, seperti pada beberapa pemain CD, atau tikar merasa pada vinyl turntable. Jenis mekanik deteksi di controller bekerja di bawah semua kondisi dan menghilangkan jenis gangguan yang dapat mengganggu listrik statis listrik deteksi seperti, atau dengan sistem pencahayaan truss, karpet atau sepatu yang elektrik mengisolasi DJ. Di tengah setiap roda jog, memiliki Indikator backlit, yang menunjukkan aktivasi dari mode Roda Touch, yang memungkinkan goresan pengguna, atau stop / restart pemutaran musik dengan hanya mengubah tekanan tangan mereka, sementara Ring Eksternal terbuat dari non-slip tekstur memberikan kontrol tambahan. 
 
Memiliki fitur:
  • Beberapa Kontrol - 89 kontrol dalam mode 2-dek dan lebih dari 150 kontrol dalam mode 4-dek
  • Effects Efek / loop / Hot Cue zona  ==> rotary encoder memungkinkan Anda mengatur efek-efek
  • Opsi Pengendalian Customize ini 12 kontrol, dengan memberikan fungsi untuk masing-masing tombol, mengubah fungsi bank on the fly selama suatu campuran, dan / atau modulasi efek atau panjang loop 
  • Pitch faders - menyediakan diperpanjang resolusi 14-bit, berbagai 60mm perjalanan, dan mudah beradaptasi dengan DJ kebutuhan berkat 2 tombol untuk mengubah skala lapangan 
  • 2 stereo output independen pada panel belakang, untuk pencampuran dan melihat dulu trek: RCA konektor untuk menghubungkan sistem hi-fi atau mixer 
  • 4 konektor jack mono (6.35mm) untuk terhubung gigi PA, dengan switch Angkat Ground pada hasil 1-2 (dalam hal loop tanah) 
  • 1 jack konektor stereo (6.35mm) untuk headphone, dengan pilihan pengguna satu konektor di bagian atas konsol, atau satu di panel depan 
  • 2 stereo input analog (4 RCA input) untuk terhubung sumber audio: tingkat input 4: phono level (untuk turntable vinyl), konsumen line level (-10dBv, untuk MP3 player), garis tingkat pro (+4 DBU, untuk perlengkapan studio), dan mendorong line level pro (+8 DBU, untuk DJing paling kuat CD player) 
  • 1 masukan mikrofon, dengan fungsi bicara-over, dengan pilihan pengguna satu konektor di bagian atas konsol, atau satu di panel depan 
  • 2 Standard Decks - DJ Konsol 4-Mx dapat beralih dari (deck A dan B) ke dua deck lain (C dan D) dengan mudah melalui 2 Switch tombol Deck dan nama dek ditampilkan di bagian mixing console dan semua kontrol yang mengirim dan menerima satu set perintah MIDI, yang memungkinkan perangkat lunak tahu mana dek virtual setiap perintah berlaku untuk 
  • Dalam 4-Deck Mode-konsol mengirimkan lebih dari 150 perintah yang berbeda untuk software 
  • Extra Kontrol dan Kustomisasi - DJ pencampuran pada 2 deck virtual juga dapat menikmati mode diperpanjang 2-dek: Deck Switch tombol, yang gilirannya deck A & B ke deck C & D dalam mode 4-dek, kemudian double beberapa kontrol di setiap dek , sedangkan menjaga kontrol dasar dek itu tidak berubah (seperti roda joging, Play / Cue / Stop tombol, dan fader volume)

Hercules DJ konsol baru datang juga dibundel dengan software VirtualDJ7 LE Atomix Productions '4-Mx DJing , yang memungkinkan untuk pencampuran pada hingga 4 deck virtual pada kedua PC dan Mac. ini akan tersedia dari 22 November  - Desember 2010. sebesar $ 449.99 atau sekitar 4,5 juta rupiah.




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read User's Comments0

3 Posting Populer